Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifat Sungkar Percayakan Kemenangan pada Navigator di AXCR 2022

Kompas.com - 21/11/2022, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rifat Sungkar akan mewakili Indonesia dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 bersama tim Mitsubishi Ralliart. Dia percaya kemenangannya sangat tergantung dari navigator.

Ajang balap AXCR 2022 merupakan salah satu ajang balap ketahanan reli. Ajang balap ini mirip seperti Dakar Rally, tapi di tingkat Asia.

Baca juga: Baru Pertama Ikut AXCR 2022, Rifat Sungkar Targetkan Kemenangan

Sehingga, AXCR 2022 juga menjadi salah satu ajang balap yang bergengsi. Rifat Sungkar tidak sendiri, dia akan ditemani oleh Chupong Chaiwan, yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun di ajang balap ini.

Mitsubishi Triton yang digunakan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Buriram, ThailandDok. Mitsubishi Mitsubishi Triton yang digunakan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Buriram, Thailand

Chupong akan menjadi navigator untuk tim Rifat. Sementara Rifat, bertugas sebagai pebalap yang akan berada di balik kemudi Mitsubishi Triton.

"Sebenarnya, kunci utama saya adalah navigator. Besok itu, road book baru akan dibagikan 2 jam sebelum start. Jadi, kita tidak ada yang tahu jalannya mau ke mana," ujar Rifat, kepada wartawan, saat ditemui di Buriram, Thailand, Minggu (20/11/2022).

Baca juga: Tujuan Mitsubishi Ikut Reli AXCR 2022, Bukan Hanya untuk Menang

Rifat menambahkan, kemenangan ditentukan bukan dari bagaimana dia menyetir dengan kencang. Namun, seberapa percayanya dia dengan navigator.

Rifat Sungkar bersama Hiroshi Masuoka (tengah) dan Chupong Chaiwan (kanan)Dok. Mitsubishi Rifat Sungkar bersama Hiroshi Masuoka (tengah) dan Chupong Chaiwan (kanan)

"Kunci utamanya di sini adalah dia bilang, jangan nyasar. Sebab, ada kemungkinan besar bisa nyasar. Paling berat kalau terjadi hujan, kita harus lihat jalan, tapi tidak tahu jalan. Soalnya, 2019 itu mobilnya nyangkut semua," kata Rifat.

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan oleh Rifat jelang balapan yang akan digelar dalam waktu dekat ini, mulai persiapan mobil, persiapan fisik, serta strategi dalam mengatasi masalah yang dapat muncul di tengah perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com