Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2022, 09:22 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Segmen multi purpose vehicle (MPV) jadi pilihan utama konsumen otomotif Tanah Air. Nomor satu, prioritas yang dicari adalah akomodasi penumpang yang nyaman dan luas. 

Meskipun ada beberapa pilihan unit, Innova diesel jadi nama yang selalu digadang-gadang sebagai mobil keluarga impian. 

Tak heran, selain performa mesin yang bertenaga, Innova diesel juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tak usah diragukan. 

Bahkan, banyak konsumen yang sengaja membeli unit tahun tua karena pertimbangan tersebut. 

"Innova diesel banyak peminat karena dinilai lebih irit, bandel, dan bertenaga. Banyak yang berani modal besar hanya untuk mendapatkan unit sesuai harapan, beberapa unit generasi awal (2004 - 2007) punya pasar yang bagus dibanding tipe-tipe baru," kata Koordinator Bursa Mobil Bekas Telomoyo, Michael Julian kepada Kompas.com, Minggu (20/11/2022). 

Baca juga: KTM Gelontorkan Puluhan Juta Euro buat Motor MV Agusta

Beberapa konsumen berminat Innova diesel karena ingin memiliki mobil tangguh, nyaman, dan bisa diandalkan untuk mobilitas harian. 

Terlebih, pekerja yang membutuhkan mobilisasi tinggi, banyak diantaranya bahkan sampai berani spekulasi mengambil unit tahun tua. 

"Sama-sama harga Rp 150 jutaan, beberapa mengubur ambisinya yang ingin mendapatkan unit siap pakai dengan tahun relatif muda. Hal itu dilakukan setelah kembali menghitung matang bujet operasional harian. Akhirnya, pilihan jatuh kepada Innova diesel tahun awal, katanya tidak masalah karena jika di hitung-hitung masih menguntungkan," kata Michael. 

Beberapa waktu belakangan, harga bekas Innova diesel naik, terutama khusus unit generasi awal. Michael menjelaskan, hal itu sesuai hukum permintaan, jika stok barang langka akan mendongkrak harga jual sendirinya. 

Mesin Innova DieselDicky Aditya Wijaya Mesin Innova Diesel

"Naik sedikit, kemarin-kemarin untuk kisaran Rp 140 jutaan stok banyak. Tetapi, sekarang harga bekasnya naik sekitar Rp 10 juta - Rp 15 jutaan," ucap Michael. 

Kenaikan harga tersebut, menunjukkan tren positif terus tumbuh untuk penjualan Innova diesel. Hal itu berlanjut, karena sejak awal tahun lalu banyak orang mencari unit bujet seadanya. 

Baca juga: Stok Menipis, Innova Diesel Menghilang di Bursa Mobil Bekas Semarang

Berikut ini pilihan Innova diesel bekas di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya berdasarkan pantauan yang bisa dijadikan referensi, yaitu:

 

  • Innova diesel G M/T 2005, Rp 138 juta
  • Innova diesel G M/T 2008, Rp 157 juta 
  • Innova diesel G A/T 2009, Rp 168 juta 
  • Innova diesel V A/T 2010, Rp 188 juta 
  • Innova diesel G A/T 2012, Rp 212 juta 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.