Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Sejak Pagi, Hindari Ruas Jalan Ini

Kompas.com - 17/11/2022, 14:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada beberapa titik ruas jalan yang mengalami banjir sejak pukul 09.50 WIB hari ini, Kamis (17/11/2022).

Dilansir dalam keterangan tertulisnya, salah satu ruas yang dimaksud ialah di Jalan Strategi Raya Kelorahan Joglo, Kecamatan Kembangan dengan ketinggian air 20 centimeter (cm).

Sehingga diimbau untuk para pengendara atau masyarakat di sekitar mencari jalur alternatif supaya tidak terhambat.

Baca juga: Ingat Lagi, Motor Jangan Berteduh di Underpass atau di Bawah Fly Over

Ilustrasi banjir.SHUTTERSTOCK/Tirta Ajie Irawan Ilustrasi banjir.

Kemudian ruas lainnya yang tergenang banjir ialah Jalan Hiu Keluarahan Penjaringan, Kecamatan Jakarta Utara dengan ketinggian air sekitar 25 cm. Kini, upaya penanganan penanggulangan sedang dilakukan oleh personel.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," tulis Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta.

Selain itu, tercatat juga terdapat titik lokasi bajir di Ibu Kota seperti di pos siaga Cipinang Hulu yang sekarang naik menjadi siaga tiga atau waspada banjir di sekitarnya.

Baca juga: Kolaborasi Tingkatkan Pendidikan Indonesia, Termasuk Sektor Otomotif

"BPBD mencatat saat ini terdapat dua ruas jalan tergenang dan dua RT atau 0,007 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," tulis Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta.

Wilayah tergenang banjir di antaranya dua RT di Jakarta Barat. Satu RT di Kelurahan Kembangan Utara setinggi 25 centimeter akibat curah hujan tinggi.

Lalu, ada satu RT Kelurahan Joglo yang terkena dampak. Ketinggian air sekitar 20 centimeter karena curah hujan yang tinggi juga.

Diimbau untuk masyarakat tetap waspada dan hati-hati terhadap potensi banjir. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com