Kompas.com - 17/11/2022, 08:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Hampir semua mobil transmisi matik yang beredar di pasaran dilengkapi shift lock. 

Fitur tersebut berguna untuk memindahkan posisi transmisi matik, terutama ketika harus parkir dengan dalam posisi pararel

Modelnya berbeda-beda, umumnya terletak di atas atau samping tuas transmisi berbentuk tombol kecil. Ada juga yang berbentuk lubang, dan untuk penggunaannya harus di colok menggunakan anak kunci. 

Baca juga: Menu SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta November 2022

Hermas E Prabowo Pemilik Bengkel Worner Matic menjelaskan, fungsi shift lock penting untuk membebaskan posisi gigi transmisi matik dari P (parking) ke N (netral), terutama jika kendaraan parkir paralel. 

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

"Posisi parkir paralel kendaraan wajib melepas rem tangan dan posisi transmisi harus netral. Jika shift lock diaktifkan, gigi transmisi matik dari P secara leluasa bebas digerakkan, jadi bisa dipindahkan ke N saat mesin mati," kata Hermas kepada Kompas.com, Rabu (16/11/2022). 

Baca juga: Bahlil Ajak Australia Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Hermas menjelaskan, pada bagian dalam transmisi dilengkapi sistem realese yang fleskibel secara otomatis terbuka atau tertutup rapat.

Shift lock tersebut fungsinya adalah untuk pembuka, keduanya jadi satu paket saat bekerja melepaskan perangkat keamanan yang otomatis aktif jika gigi transmisi berada di posisi P. 

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Cara kerjanya, begitu shift lock aktif tuas transmisi mobil yang terkunci jadi tetap bisa dioperasikan walau mesin mati. 

"Transmisi jika posisi P sistem operasi seluruhnya otomatis terkunci. Untuk menggerakkan komponen mekanikal transmisi, shift lock jadi semacam kunci pembuka agar kembali bisa bergerak bebas di luar electronic control unit (ECU)," ucapnya. 

Lantas bagaimana menggunakannya? 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.