Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada beberapa titik ruas jalan yang mengalami banjir sejak pukul 09.50 WIB hari ini, Kamis (17/11/2022).

Dilansir dalam keterangan tertulisnya, salah satu ruas yang dimaksud ialah di Jalan Strategi Raya Kelorahan Joglo, Kecamatan Kembangan dengan ketinggian air 20 centimeter (cm).

Sehingga diimbau untuk para pengendara atau masyarakat di sekitar mencari jalur alternatif supaya tidak terhambat.

Baca juga: Ingat Lagi, Motor Jangan Berteduh di Underpass atau di Bawah Fly Over

Ilustrasi banjir.SHUTTERSTOCK/Tirta Ajie Irawan Ilustrasi banjir.

Kemudian ruas lainnya yang tergenang banjir ialah Jalan Hiu Keluarahan Penjaringan, Kecamatan Jakarta Utara dengan ketinggian air sekitar 25 cm. Kini, upaya penanganan penanggulangan sedang dilakukan oleh personel.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," tulis Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta.

Selain itu, tercatat juga terdapat titik lokasi bajir di Ibu Kota seperti di pos siaga Cipinang Hulu yang sekarang naik menjadi siaga tiga atau waspada banjir di sekitarnya.

Baca juga: Kolaborasi Tingkatkan Pendidikan Indonesia, Termasuk Sektor Otomotif

"BPBD mencatat saat ini terdapat dua ruas jalan tergenang dan dua RT atau 0,007 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," tulis Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta.

Wilayah tergenang banjir di antaranya dua RT di Jakarta Barat. Satu RT di Kelurahan Kembangan Utara setinggi 25 centimeter akibat curah hujan tinggi.

Lalu, ada satu RT Kelurahan Joglo yang terkena dampak. Ketinggian air sekitar 20 centimeter karena curah hujan yang tinggi juga.

Diimbau untuk masyarakat tetap waspada dan hati-hati terhadap potensi banjir. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.