Kompas.com - 17/11/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro kembali mengeluarkan dua bus baru, kali ini milik PO Bintang Utara Putra (BUP). Bus yang diambil bisa dibilang premium, memakai sasis tronton dan bodi Jetbus 3+ UHD.

Kalau bahas Jetbus 3+ UHD, bisa dibilang menjadi pelopor bus dengan model kabin pengemudi terpisah dengan penumpang. Jadi pengemudi ada di bawah bersama bagasi, sedangkan penumpang semuanya ada di atas.

Jika dilihat, bodi UHD ini seperti bus tingkat yang cuma bagian dek atas saja digunakan untuk mengangkut penumpang. Sedangkan di dek bawah, digunakan khusus sebagai bagasi yang sangat lega.

Baca juga: Update Harga Tiket Bus AKAP Jakarta-Wonogiri, Mulai Rp 200.000-an

Kabin Bus AKAP baru PO Bintang Utara PutraDOK. ADIPUTRO Kabin Bus AKAP baru PO Bintang Utara Putra

Soal sasis, PO BUP memilih buatan Volvo, yakni B11R. Bisa dibilang sasis dari merek Swedia ini menghasilkan tenaga lebih dari 400 HP serta torsi sekitar 2.000 Nm.

Secara tampilan eksterior, bodi bus dikelir dengan warna khas PO BUP, hitam dan merah ditambah livery bintang. Kemudian di bagian depan, dipasang lampu tambaha untuk menambah penerangan selama perjalanan lewati Lintas Sumatera.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bagian kabin diisi dengan bangku yang disusun 2-2 dengan leg rest.

Baca juga: Mengenal Fungsi Overdrive pada Mobil Matik


"Selain itu ada toilet yang dipasang di tengah, dekat pintu," ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Kemudian, pada pintu tengah ini pun dipasang sekat, yang tampak bisa jadi ruang untuk merokok selama perjalanan. Sekat ini juga bisa mengurangi bau dari toilet agar tidak mengganggu penumpang.

Tampak kelas yang akan dilayani dengan bus ini adalah Super VIP. Jadi unit baru ini berbeda dengan armadanya PO BUP yang dijadikan bus kelas Economy Luxury, bus dengan sasis tronton yang kabinnya tidak memakai AC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.