Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Tol Bitung Tangerang Berangsur Surut, Lalu Lintas Normal

Kompas.com - 17/11/2022, 13:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jasa Marga telah upaya-upaya penanganan genangan di Akses Tol Bitung, Tangerang. Usai dilakukan pembersihan lajur, genangan berangsur surut dan dipastikan aman untuk dilalui.

Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, mengatakan, akses Bitung beroperasi kembali mulai mulai 17 November 2022 pukul 02.00 WIB.

“Lalu lintas kembali normal, baik akses keluar Bitung dari Jakarta maupun akses masuk Bitung menuju Cikupa,” ujar Irra, dalam keterangan tertulis (17/11/2022).

Baca juga: Awas Macet, Ada Penutupan Jalan Tol Jagorawi Mulai Hari Ini

Akses tol Bitung di Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang kembali dibuka sejak Kamis (17/11/2022)Jasamarga Metropolitan Tollroad Akses tol Bitung di Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang kembali dibuka sejak Kamis (17/11/2022)

Seperti diketahui, sejak terjadi genangan di Akses Bitung akibat curah hujan yang tinggi pada 13 November 2022 serta tingginya debit air di Kali Sabi dan Sungai Kali Manis, Jasa Marga secara bertahap mengfungsikan pompa.

Jasa Marga mengoperasikan hingga total 19 pompa terdiri dari 2 pompa submersible eksisting berkapasitas 60 liter/detik dan 30 liter/detik, serta 16 pompa mobile dengan kapasitas 80 liter/detik dan 1 pompa mobile berkapasitas 30 liter/detik.

“Jasa Marga juga telah lakukan upaya lainnya seperti perkuatan tanggul sementara yang dapat memisahkan aliran air dari waduk dengan air genangan di badan jalan tol,” ucap Irra.

“Menambah volume tampungan air dengan pengerukan di polder sebanyak 9.000 m3 dan melakukan pelebaran saluran di sisi Utara jalan tol yang menuju ke Sungai Kali Manis sehingga dapat meningkatkan kapasitas aliran air di saluran tersebut,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.