Kompas.com - 17/11/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro tidak bisa menutupi rasa kecewa terhadap pemilih Agostini Prize. Sebuah penghargaan prestisius yang diberikan kepada pebalap dengan adegan menyalip terbaik musim 2022.

Agostini Prize musim ini jatuh kepada pebalap tim pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo, yang melakukan manuver cantik saat menyalip pebalap Ducati Lenovo, Jack Miller, di GP Austria, di Spielberg.

Baca juga: Perhatikan, Cover Mobil Jangan Keseringan Dicuci

Menurut Aleix dialah sebetulnya yang lebih berhak mendapat penghargaan tersebut sebab aksinya lebih baik Quartararo, yaitu saat menyalip beberapa pebalap di GP Assen, Belanda.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

"Balapan itu brutal, yang terbaik dalam karir olahraga saya. Saya tahu jika saya mengatakan tidak adil bahwa penyalip ini tidak memenangkan hadiah, mereka akan mengatakan bahwa saya gila," kata Aleix mengutip Tuttomotoriweb.it, Kamis (17/11/2022).

"Tapi karena saya tidak peduli apa yang mereka katakan, sungguh penjurian yang bukan yang terbaik!,“ kata dia.

Seperti diketahui, Aleix menjadi bintang di GP Belanda meski dia tidak juara. Saat itu dia tersenggol Quartararo dan terlempar ke barisan belakang, namun dengan semangat tinggi dia berhasil finis di posisi keempat.

 Salah satu adegan yang spektakuler di GP Belanda 2022 ialah saat Aleix menyalip Miller dan Brand Binder di dekat chicane terakhir Sirkuit Assen.

Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).AFP/PAU BARRENA Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).

Aleix merasa "dirampok" dari pengakuan yang dia yakini pantas dia dapatkan. Namun, di sisi lain penilaian masrarakat yang lebih memilih aksi Quartararo juga harus dihormati.

Agostini Prize

Mulai 2022, penghargaan di akhir musim yaitu FIM MotoGP Awards bertambah dengan adanya penghargaan Agostini Fan Award.

Penghargaan ini dinamai dari Legenda MotoGP Giacomo Agostini, dan diberikan untuk pebalap yang melakukan overtake. Pemenangnya dipilih oleh para penggemar atau fans melalui voting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.