Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2022, 14:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Model tuas transmisi mobil matik umumnya ada dua. Pertama model lurus atau straight, dan satunya lagi gate atau model zig-zag.

Secara fungsi, sama-sama untuk memindahkan tuas transmisi. Hanya saja, operasional kedua model tersebut berbeda, hal itu karena pertimbangan keamanan berkendara. 

"Untuk model transmisi straight biasanya dilengkapi tombol pengunci transmisi saat harus memindahkan posisi gigi, terutama dari P ke R. Tombol ditekan untuk membuka pengunci di dalam transmisi agar bisa bergerak bebas," ucap Hermas kepada Kompas.com, Selasa (15/11/2022). 

Baca juga: Sama-sama Matik, Apa Bedanya Transmisi CVT dan AT?

Model transmisi straight dilengkapi tombol pengunci untuk mencegah bahaya posisi gigi berpindah karena ketidaksengajaan. 

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Fungsi Tombol Pengunci di Tuas Transmisi Mobil Matik() Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Fungsi Tombol Pengunci di Tuas Transmisi Mobil Matik

"Pada model transmisi lurus atau straight ada kemungkinan posisi tuas tergeser karena tersenggol kaki, beda halnya model zig-zag yang lebih aman," kata dia. 

Meski begitu, operasional keseluruhan keduanya sama saja, yakni sebelum memindahkan posisi gigi transmisi harus diawali menginjak pedal rem. 

"Saat awal hendak jalan, perpindahan posisi gigi transmisi sama-sama membutuhkan injakan pedal rem baru tuas bisa digeser," kata dia. 

Baca juga: Presiden Korea Selatan Lebih Pilih Mercy Dibanding Genesis

Hermas menjelaskan, khusus transmisi model straight untuk memindahkan posisi gigi, setelah rem diinjak, kemudian tombol kecil di ujung tuas ditekan sambil mengoper dari P ke D. 

"Double safety, harus pencet tombolnya baru tuas transmisi bisa digeser," kata dia. 

Sementara itu, untuk model zig-zag, pola perpindahan gigi dilakukan dengan menggeser tuas mengikuti alur papan transmisi. 

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

"Kan di papan transmisi tertulis angka posisi gigi, tinggal ikuti saja diurutkan satu per satu," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com