Kompas.com - 15/11/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig mendukung pernyataan Marc Marquez bahwa prototipe motor Honda RC213V 2023 biasa saja dan bahkan perlu pengembangan.

Marquez yang menjajal calon motor barunya di tes MotoGP Valencia belum lama ini mengatakan, tidak ada perbedaan besar antara prototipe motor baru dan yang dipakai di musim 2022.

Baca juga: Cara Mudah Supaya AC Mobil Awet

Secara terbuka Puig mengatakan, awalnya optimistis dengan pengembangan yang dilakukan di motor baru namun saat pengetesan hasilnya ternyata di bawah ekspektasi.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berbicara dalam sesi konferensi pers setelah balapan MotoGP Australia, 16 Oktober 2022. Terkini, Marc Marquez bersama para pebalap yang lain akan melakoni seri terakhir MotoGP Valencia 2022. Pada seri terakhir ini akan ditentukan juara dunia MotoGP, antara Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).AFP/GLENN NICHOLLS Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berbicara dalam sesi konferensi pers setelah balapan MotoGP Australia, 16 Oktober 2022. Terkini, Marc Marquez bersama para pebalap yang lain akan melakoni seri terakhir MotoGP Valencia 2022. Pada seri terakhir ini akan ditentukan juara dunia MotoGP, antara Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

“Kami menemukan sesuatu, tetapi tidak seperti yang kami harapkan. Kami berharap untuk membuat lebih banyak langkah, ini benar," kata Puig mengutip Crash, Selasa (15/11/2022).

“Beberapa hal bagus, tetapi secara keseluruhan kami tidak dapat mengatakan bahwa kami menemukan apa yang kami cari, atau harapkan,” kata Puig.

Selain penilaian Marquez, Repsol Honda juga memikirkan kehadiran pebalap baru di paddock yaitu Joan Mir, mantan pebalap Suzuki dan Juara Dunia MotoGP 2020.

“Tentu saja dia mengatakan bahwa motornya sangat berbeda dengan (Suzuki)," kata Puig.

Baca juga: Kemenhub Targetkan Insentif Kendaraan Listrik Selesai pada 2023

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Puig mengatakan, para teknisi Repsol Honda sedang mencari solusi agar motor 2023 lebih kompetitif. Namun pengembangan harus dilakukan secara menyeluruh bukan parsial.

"Jadi sekarang saya pikir itu tidak mudah, mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahami motornya, dan jika kami bisa mendapatkan apa yang kami cari, itu akan lebih mudah bagi mereka,” kata Puig.

“Targetnya adalah meningkatkan motor keseluruhan. Anda tidak bisa mengatakan 'hanya ini atau itu'. Anda harus menemukan keseimbangan karena sasis terkait dengan tenaga, aero, dll," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.