Kompas.com - 15/11/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO 27 Trans ambil lagi bus baru dari Karoseri Adiputro belum lama ini. Bus yang diambil memakai bodi Jetbus 3+ SHD Single Glass dengan berbagai penyesuaian.

Sebelumnya, di bulan April 2022 PO 27 Trans ambil juga bus baru, cuma dengan bodi Jetbus MHD Single Glass. Jadi untuk unit yang keluar kali ini lebih besar dan panjang karena memakai sasis yang premium.

Jadi kali ini PO 27 Trans memilih sasis Mercedes Benz O 1836. Bedanya dengan OH 1626 adalah GVW yang lebih besar, memakai suspensi udara tipe wide, dan tenaga yang lebih besar, sekitar 360 TK.

Baca juga: 41 Unit Bus Listrik Digunakan Selama KTT G20, 30 Buatan Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Jadi dengan GVW 18 ton ditambah suspensi udara tipe wide, bodi yang dipasang bisa SHD. Selain itu, khusus untuk PO 27 Trans, bus barunya tidak memakai bando (single glass) dan tanpa selendang.

Jadi kalau dilihat dari samping, cuma tampak kombinasi warna oranye dan abu-abu. Untuk kaca samping, tampil polos tanpa embel-embel hiasan seperti selendang.

Untuk bagian kabin, dipilih bangku yang super nyaman yang disusun dua kanan dan dua kiri (2-2). Tampak bus akan melayani kelas eksekutif dengan bangku leg rest double dan bangku yang lebar.

Baca juga: Keuntungan Turbo pada Mobil dengan Kapasitas Mesin Kecil


Selain itu, dipasang juga sekat di tengah kabin, tepatnya di pintu belakang. Jadi ada toilet di tengah serta ruangan yang bisa dijadikan tempat merokok. Kemudian ada juga meja untuk tempat coffee maker.

Bukan cuma di tengah, ada juga sekat di bagian belakang kabin untuk tempat istirahat pengemudi atau kandang macan. Jadi pengemudi bisa tidur dengan leluasa tanpa terganggu penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.