Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus AKAP Baru PO 27 Trans, Pakai Bodi Jetbus SHD Single Glass

Kompas.com - 15/11/2022, 08:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO 27 Trans ambil lagi bus baru dari Karoseri Adiputro belum lama ini. Bus yang diambil memakai bodi Jetbus 3+ SHD Single Glass dengan berbagai penyesuaian.

Sebelumnya, di bulan April 2022 PO 27 Trans ambil juga bus baru, cuma dengan bodi Jetbus MHD Single Glass. Jadi untuk unit yang keluar kali ini lebih besar dan panjang karena memakai sasis yang premium.

Jadi kali ini PO 27 Trans memilih sasis Mercedes Benz O 1836. Bedanya dengan OH 1626 adalah GVW yang lebih besar, memakai suspensi udara tipe wide, dan tenaga yang lebih besar, sekitar 360 TK.

Baca juga: 41 Unit Bus Listrik Digunakan Selama KTT G20, 30 Buatan Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Jadi dengan GVW 18 ton ditambah suspensi udara tipe wide, bodi yang dipasang bisa SHD. Selain itu, khusus untuk PO 27 Trans, bus barunya tidak memakai bando (single glass) dan tanpa selendang.

Jadi kalau dilihat dari samping, cuma tampak kombinasi warna oranye dan abu-abu. Untuk kaca samping, tampil polos tanpa embel-embel hiasan seperti selendang.

Untuk bagian kabin, dipilih bangku yang super nyaman yang disusun dua kanan dan dua kiri (2-2). Tampak bus akan melayani kelas eksekutif dengan bangku leg rest double dan bangku yang lebar.

Baca juga: Keuntungan Turbo pada Mobil dengan Kapasitas Mesin Kecil


Selain itu, dipasang juga sekat di tengah kabin, tepatnya di pintu belakang. Jadi ada toilet di tengah serta ruangan yang bisa dijadikan tempat merokok. Kemudian ada juga meja untuk tempat coffee maker.

Bukan cuma di tengah, ada juga sekat di bagian belakang kabin untuk tempat istirahat pengemudi atau kandang macan. Jadi pengemudi bisa tidur dengan leluasa tanpa terganggu penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com