Bukan Pakai Genesis G80 Electrified, Presiden Perancis Pilih SUV Legendaris Ini

Kompas.com - 15/11/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Marcon sudah tiba di Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Senin (14/11/2022).

Momen kedatangan Emmanuel Marcon ini pun diabadikan dalam video Youtube yang diunggah akun Sekretariat Presiden. Ketika turun dari pesawat, Emmanuel Marcon langsung disambut oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Setelah sedikit berbincang, Emmanuel Marcon melanjutkan perjalana dengan mobil yang berbeda dari apa yang disediakan. Mobil yang digunakan Presiden Perancis ini adalah Mercedes Benz G-Class.

Padahal sudah disediakan mobil khusus para tamu negara termasuk petinggi negara, yakni mobil listrik Genesis G80, serta Hyundai Ioniq 5.

Baca juga: Berikut Angkutan Barang yang Boleh Melintas Selama KTT G20 Berlangsung


Namun kalau diperhatikan, G-Class yang digunakan bukan sembarangan, tapi model armored atau G 500 Guard. Secara spesifikasi, G 500 Guard sudah dilengkapi dengan Highest Protection level VR6/VR7.

Artinya, mobil tersebut menyediakan proteksi terhadap serangan teroris. G 500 Guard dibuat agar tahan tembakan dari senjata militer serta tahan dari ledakan granat maupun bom.

Walaupun sudah anti peluru, G 500 Guard tetap punya kenyamanan berkendara tingkat tinggi. Begitu juga soal handling, dengan bobot yang lebih berat, manuver dari G 500 Guard tetap baik.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Langsung Pindahkan Gigi dari D ke P pada Mobil Matik


G 500 Guard dilengkapi dengan mesin 5.500 cc V8 yang menghasilkan 388 TK dan torsi 530 Nm. Memakai transmisi otomatis 7 percepatan, G 500 Guard bisa melaju sampai 160 kpj.

Bicara soal G-Class, Mercedes Benz sudah membuat versi khusus sejak 1979. Sekarang, selain G-Guard, tersedia juga E-Guard, S-Guard, dan Mercedes Benz S 600 Pullman Guard.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.