Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Ideal Ganti Aki Mobil?

Kompas.com - 14/11/2022, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Aki mobil kerap menjadi sumber masalah pada mobil. Pasalnya, komponen ini memegang peran penting dalam menjaga performa mobil, khususnya saat awal mesin hidup.

Sehingga, ketika aki mobil sudah mulai jelek maka yang terjadi mobil bisa mogok. Bahkan, kejadian tersebut bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Maka dari itu, sebelum perjalanan jauh sebaiknya Anda perlu memperhatikan kondisi aki. Apakah aki tersebut sudah waktunya ganti atau belum. Lantas, kapan waktu ideal ganti aki mobil?

Baca juga: Apa Beda Aki Mobil Mesin Bensin dan Diesel?

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno, mengatakan ada masa ideal usia aki pada mobil, sehingga pelanggan bisa menilai apakah aki yang digunakan sudah sesuai atau terlalu boros aki.

“Idealnya umur pakai aki pada mobil diatas 1,5 tahun atau pemakaian 30.000 kilometer keatas,” ucap Supra kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan biasanya usia aki pada mobil bisa awet, melebihi dari waktu ideal tersebut, atau pun sebaliknya cepat tekor.

Baca juga: Berapa Lama Pengisian Daya Aki Mobil?

Jumper aki mobilMMKSI Jumper aki mobil

“Bisa naik turun dari usia idealnya, tergantung dari beban listrik pada mobil dan perilaku pemilik kendaraan kepada aki tersebut,” ucap Supra.

Dia mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi usia aki pada mobil, mulai dari bawaan mobil hingga cara pemakaian.

“Kelistrikan mobil, meliputi lampu-lampu, fitur mobil, ECU, motor starter dan lain sebagainya, hal itu akan menjadi beban listrik pada aki yang terpasang pada mobil, dan akan menjadi penentu awet atau tidaknya aki tersebut,” ucap Supra.

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Dia juga menyinggung soal cara pakai, menurutnya bila pemilik mobil memakai mobil dengan baik akan membuat aki awet.

“Perhatikan apa saja yang bisa membuat aki cepat tekor, jika pemilik mobil paham dan melakukan upaya agar aki tetap awet maka aki cenderung akan berusia lebih panjang,” ucap Supra.

Dia juga mengatakan aksesoris tambahan juga kerap menjadi penyebab aki mobil berumur lebih pendek.

Baca juga: Dampak Mengganti Aki Mobil Lebih Besar dari Standar Pabrikan

“Aksesoris tambahan juga cenderung membuat aki mobil berusia lebih pendek, karena beban listrik yang ditanggung oleh aki pada mobil,” ucap Supra.

Jadi, penggantian aki bisa saja lebih cepat atau lebih lama dari waktu ideal penggantiannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com