Kompas.com - 14/11/2022, 19:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Aki mobil kerap menjadi sumber masalah pada mobil. Pasalnya, komponen ini memegang peran penting dalam menjaga performa mobil, khususnya saat awal mesin hidup.

Sehingga, ketika aki mobil sudah mulai jelek maka yang terjadi mobil bisa mogok. Bahkan, kejadian tersebut bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Maka dari itu, sebelum perjalanan jauh sebaiknya Anda perlu memperhatikan kondisi aki. Apakah aki tersebut sudah waktunya ganti atau belum. Lantas, kapan waktu ideal ganti aki mobil?

Baca juga: Apa Beda Aki Mobil Mesin Bensin dan Diesel?

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno, mengatakan ada masa ideal usia aki pada mobil, sehingga pelanggan bisa menilai apakah aki yang digunakan sudah sesuai atau terlalu boros aki.

“Idealnya umur pakai aki pada mobil diatas 1,5 tahun atau pemakaian 30.000 kilometer keatas,” ucap Supra kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan biasanya usia aki pada mobil bisa awet, melebihi dari waktu ideal tersebut, atau pun sebaliknya cepat tekor.

Baca juga: Berapa Lama Pengisian Daya Aki Mobil?

Jumper aki mobilMMKSI Jumper aki mobil

“Bisa naik turun dari usia idealnya, tergantung dari beban listrik pada mobil dan perilaku pemilik kendaraan kepada aki tersebut,” ucap Supra.

Dia mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi usia aki pada mobil, mulai dari bawaan mobil hingga cara pemakaian.

“Kelistrikan mobil, meliputi lampu-lampu, fitur mobil, ECU, motor starter dan lain sebagainya, hal itu akan menjadi beban listrik pada aki yang terpasang pada mobil, dan akan menjadi penentu awet atau tidaknya aki tersebut,” ucap Supra.

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Dia juga menyinggung soal cara pakai, menurutnya bila pemilik mobil memakai mobil dengan baik akan membuat aki awet.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.