Kompas.com - 14/11/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bermesin diesel dan bensin memiliki banyak perbedaan. Baik dari segi performa hingga komponen yang disematkan pada mesin.

Hal itu mungkin saja juga berlaku pada aki yang disematkan, karena bagaimana pun aki merupakan komponen yang menunjang setiap komponen elektrik pada mesin.

Lantas, sebenarnya apakah ada perbedaan aki pada mesin bensin dan diesel?

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

Aki MobilKompas.com Aki Mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan aki untuk mesin bensin dan diesel biasanya memang berbeda dalam hal kapasitasnya.

“Aki untuk mobil bermesin diesel biasanya dibekali dengan aki yang lebih besar kapasitasnya, hal itu berhubungan dengan karakter mesin diesel itu sendiri,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan mesin diesel membutuhkan aki yang lebih besar karena untuk menggerakan mesin pada awal starter memang lebih berat jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Baca juga: Dampak Mengganti Aki Mobil Lebih Besar dari Standar Pabrikan

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

“Mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi, sehingga mobil membutuhkan aki yang besar untuk mensuplai kebutuhan listrik motor starter saat awal menghidupkan mesin,” ucap Didi.

Dia mengatakan semakin tinggi kompresi pada ruang bakar, maka mobil membutuhkan aki yang semakin besar.

“Kan kebutuhan listrik yang terbesar pada mobil adalah ketika menghidupkan mesin, jadi kompresi ini sangat menentukan jenis aki yang bakal disematkan pada sebuah mobil,” ucap Didi.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per November 2022

Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.Dicky Aditya Wijaya Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.

Dia mengatakan secara fungsi, aki untuk mesin bensin dan diesel sama saja. Namun, yang menjadi pembeda adalah kapasitas akinya saja.

Jadi, perbedaan aki untuk mobil bermesin bensin dan diesel dibedakan pada sektor kapasitasnya saja. Di mana mesin diesel cenderung membutuhkan aki yang lebih besar karena kompresi di ruang bakar yang lebih tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.