Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2022, 11:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Sekertariat Negara memastikan terdapat 962 unit kendaraan listrik yang siap untuk menunjang kegiatan dan mobilitas para deligasi negara selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

Dari jumlah tersebut, sekitar 838-nya merupakan mobil listrik. Sisanya, 26 unit bus listrik dan hampir 454 unit merupakan sepeda motor listrik. Kendaraan itu seluruhnya merupakan hasil kerja sama dengan produsen otomotif nasional.

"Ada 838 mobil listrik bagi VVIP dan deligasi yang didukung Hyundai, Toyota, dan Wuling selama 15-16 November 2022," kata Sekertaris Kemensekneg Setya Utama dalam keterangannya belum lama ini.

Baca juga: Jokowi Ajak Jepang Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik di ASEAN

Handover Ceremony Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5 untuk KTT G20 di Jakarta, Rabu (25/10/2022).KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Handover Ceremony Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5 untuk KTT G20 di Jakarta, Rabu (25/10/2022).

Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5

Lebih jauh, pembagian mobil listrik pada gelaran kenegaraan tersebut ialah 42 unit terdiri dari 12 unit Hyundai Ioniq dan 30 unit Hyundai Ioniq 5 yang akan dipakai sebagai kendaraan kawal. Mobil dipakai oleh jajaran TNI dan kepolisian RI.

Kemudian juga ada sebanyak 131 unit mobil listrik murni merek Genesis G80 untuk para tamu VVIP atau Kepala Negara selama KTT G20 dan 282 unit Ioniq 5 sebagai cadangan apabila ada kendala.

Seluruh kendaraan tersebut dibawa oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melalui skema kerja sama dengan pemerintah RI atau endorsement.

Baca juga: Pembangunan Proving Ground Bekasi Dimulai Usai KTT G20

Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua BaliToyota Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua Bali

Lexus UX300e dan Toyota bZ4X

Dari pabrikan Toyota Indonesia, diturunkan 143 unit kendaraan listrik murni atau battery electric vehicle (BEV), yang terdiri dari 102 unit Lexus UX300e dan 41 unit Toyota bZ4X.

Menurut Setya, mobil juga akan digunakan oleh para deligasi negara KTT G20 tapi tidak dijelaskan secara rinci subyeknya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.