Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Kerahkan Ribuan Personel Amankan KTT G20 di Bali

Kompas.com - 07/11/2022, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bakal melakukan antisipasi dalam rangka pengamanan puncak kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November.

Khusus untuk pengamanan jalur dan pengawalan para delegasi, Korlantas Polri menyiapkan sebanyak 1.759 personel yang diperbantukan dari 10 Polda di Indonesia. Mulai dari Polda Bali, Polda Jateng, Polda Banten, Polda Jatim, Polda DIY, Polda Jabar, Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Kaltim, Polda Sulsel, Polda Sulut, dan Polda Sultra.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, ribuan personel tersebut dipastikan siap melaksanakan pengamanan.

Baca juga: Simak Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Daring

“Mereka sekarang gabungan ada di beberapa wilayah tentunya hal-hal yang ada di kewilayahan harus kita jaga, kita ingatkan pada mereka sekaligus kita cek kesiapan akhir untuk pastikan,” ucap Firman, dikutip dari NTMC Polri, Minggu (6/11/2022).

Kesiapan kendaraan listrik saat Gelar Pasukan TNI untuk memastikan penyelenggaraan KTT G20 berjalan aman dan lancar di Jakarta, Senin (31/10/2022). Dokumentasi Kemenko Marves Kesiapan kendaraan listrik saat Gelar Pasukan TNI untuk memastikan penyelenggaraan KTT G20 berjalan aman dan lancar di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Selain itu, dalam menghadapi operasi Puri Agung yang dimulai pada 8-18 November 2022, Pihaknya telah melakukan sejumlah langkah-langkah, berkoordinasi dengan pihak terkait dalam penanganan rekayasa lalu lintas selama acara KTT G20.

“Petugas kita, masyarakat, pemerintah, semua bersinergi untuk mensukseskan acara G20 ini,” kata dia.

Baca juga: Hasil Moto2 Valencia 2022; Acosta Podium 1, Fernandez Juara Dunia

Adapun pada KTT G20 nanti, sebanyak 127 kendaraan listrik roda empat dan roda dua serta 240 kendaraan fosil khusus telah disiapkan khusus untuk pengawalan dan pengamanan jalur yang akan dilintasi para delegasi.

Para personel juga sudah dilatih untuk mengendarai kendaraan listrik. Latihan ini bertujuan agar personel memahami dan meminimalisir hambatan pada saat mengawaki kendaraan kendaraan listrik tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com