Adu Tenaga WR-V, Raize, Rocky, Creta, dan Sonet, Mana Paling Besar?

Kompas.com - 05/11/2022, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan segmen low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah di Tanah Air, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan WR-V yang melakukan debut global dari Jakarta.

WR-V datang sebagai entry level di keluarga SUV Honda, dan siap bersaing dengan beberapa rival yang sudah lebih dulu mengisi pasar SUV compact, seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Hyundai Creta, serta Kia Sonet.

Tak hanya menjajakan fitur dan teknologi Honda Sensing, WR-V juga menawarkan sensasi berkendara small SUV dengan tenaga berlimpah. 

Baca juga: Ada Honda WR-V, Cek Perbandingan Harga SUV Murah November 2022

Berdasarkan data, Honda WR-V mengusung mesin 1.500 cc layaknya BR-V. Dapur pacunya mampu menghasilkan tenaga 121 Ps atau 119,2 tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di putaran 4.300 rpm yang disalurkan melalui transmisi CVT G-design shift.

Honda WR-V RS with Honda SensingHPM Honda WR-V RS with Honda Sensing

Sedikit bicara soal sensasi berkendara ketika redaksi menjajal singkat usai peluncurannya, karakter mesin WR-V pada putaran bawah bisa dibilang 11-12 dengan BR-V.

Tenaga bawahnya masih dalam kategori responsif, walau harus diakui tak semudah Raize dan Rocky yang telah dibekali turbo untuk mesin 1.000 cc.

Lalu bagaimana bila dibandingkan data di atas kertas antara Raize, Rocky, Sonet, Creta, dan WR-V siapa yang punya tenaga paling besar di segmen SUV compact lima penumpang?

Rocky-Raize

Meski ada varian 1.200 cc, tapi untuk Rocky dan Raize yang paling besar tenaganya justru versi 1.000 cc turbo tiga silinder.

Baca juga: Alasan Honda Tetap Setia Pakai Mesin 1.5L buat WR-V

Toyota Raize GR SportKompas.com Toyota Raize GR Sport

 

Mesin 1KR-VET yang digunakan mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 ps atau 96,6 tk di 6.000 rpm serta torsi 140 Nm dari putaran 2.400-4000 rpm.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.