Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2022, 14:41 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil yang mogok di jalan, baik karena mesin atau ban bermasalah biasanya tidak kenal tempat di mana berhenti. Bisa saja di jalanan tidak rata, tanjakan atau turunan bahkan di kondisi jalan tidak empuk dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kondisi-kondisi area mobil berhenti saat bermasalah ini perlu diperhatikan bila memang ingin mendongkrak ban menggunakan dongkrak ulir atau dongkrak bawaan pabrik. Karena, ada kondisi tertentu akan membahayakan pengguna bila melakukannya.

Maka dari itu, sebaiknya jangan mendongkrak mobil dengan dongkrak sederhana bila kondisi medan tidak mendukung. Seperti apa saja itu?

Baca juga: Begini Posisi Aman Memasang Dongkrak pada Mobil

Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).

Pemilik Bengkel Anugerah Auto Servis Arjun, mengatakan pemasangan dongkrak ulir perlu memperhatikan kondisi jalan atau permukaan tanah, sebab bila tidak mendukung dongkrak malah bisa terjatuh dan itu membahayakan penggunanya.

“Seperti ketika mobil berhenti di jalan yang tidak rata, atau miring, itu berbahaya bila pemilik mobil memasang dongkrak ulir yang sangat sederhana, karena mobil akan lebih mudah bergeser atau dongkrak ambruk,” ucap Arjun kepada Kompas.com, Sabtu (5/11/2022).

Dia mengatakan selain kondisi jalan yang tidak rata, sebaiknya dongkrak tidak dipasang pada tanah yang empuk.

Baca juga: Bukan Iseng, Coakan di Bawah Rangka Mobil Punya Fungsi Penting

“Tanah yang empuk akan membuat dongkrak ulir ambles ke tanah, sehingga sebaiknya memilih tanah yang keras atau permukaan yang keras,” ucap Arjun.

Dia juga mengatakan, bisa saja menggunakan dongkrak ulir pada tanah yang empuk asal disediakan alas yang lebar sebagai tumpuan dongkrak.

“Dengan alas yang luas, gaya tekan dari berat mobill tidak akan terlalu besar karena luas penampang dari tumpuan dongkrak lebih besar, hal itu sejalan dengan hukum pascal bahwa luas penampang berbanding terbalik dengan gaya tekan,” ucap Arjun.

Baca juga: Lebih Mudah, Begini Cara Lepas Ban Cadangan Daihatsu Ayla

Dia mengatakan alas tumpuan dongkrak bisa menggunakan papan dari kayu yang kuat dan sejenisnya.

Jadi, penggunaan dongkrak pada mobil harus melihat kondisi permukaan jalan atau tanah. Bila kondisinya becek, atau miring sebaiknya tidak menggunakan dongkrak ulir yang memiliki tumpuan luas alas kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.