DAMRI Hadirkan Rute Balikpapan-IKN, Tarifnya Rp 43.000

Kompas.com - 04/11/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara saat ini memang masih dalam tahap pembangunan. Tapi DAMRI sebagai penyedia layanan transportasi di dalam negeri sudah menyiapkan trayek bus menuju IKN dari Balikpapan.

DAMRI bersama Kementerian Perhubungan turut mendukung kelancaran pembangunan IKN dengan menyediakan trayek bus Balikpapan-IKN. Sebanyak 15 unit bus dikerahkan untuk mengisi rute tersebut dan sudah beroperasi sejak 1 November 2022.

Corporate Secretary Perum DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, dalam satu bus bisa diisi sampai 25 penumpang. Trayek akan melalui Pelabuhan Semayang-Bandar Udara SAMS Sepinggan-Terminal Batu Ampar-Jalan Tol KM 13-IKN Nusantara.

Baca juga: DAMRI Tambah Rute Tanjung Karang-Bakauheni, Tarif Rp 55.000

Rute Layanan bus DAMRI dengan rute Balikpapan-IKN NusantaraDOK. DAMRI Rute Layanan bus DAMRI dengan rute Balikpapan-IKN Nusantara

“Pembukaan rute Balikpapan-IKN ini sebagai penghubung antara wilayah pendukung, yaitu Balikpapan, ke kawasan IKN,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Jumat (4/11/2022).

Jadwal operasional bus dari Pelabuhan Semayang pukul 07.00 WIB-18.15 WIB, dari Bandar Udara SAMS Sepinggan pukul 08.10 WIB - 17.05 WIB, dari Terminal Batu Ampar pukul 08.10 WIB - 17.05 WIB, dan dari IKN Nusantara pukul 10.30 WIB - 18.00 WIB.

Armada akan berangkat setiap 1 jam sekali dengan tarif sebesar Rp 43.000 untuk semua rute. DAMRI memastikan pemesanan tiket bisa dilakukan di halte pemberhentian Pelabuhan Semayang, Bandar Udara SAMS Sepinggan, dan Terminal Batu Ampar.

Baca juga: Motor Listrik Polytron, Sekali Cas Diklaim Bisa Tempuh 130 Km


Nantinya, tiket DAMRI dengan rute Balikpapan-IKN bisa dipesan lewat DAMRI Apps dan Online Travel Agent. Harapannya, layanan DAMRI ini bisa memudahkan masyarakat melakukan mobilisasi dan mempercepat pembangunan wilayah IKN.

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui Informasi selengkapnya terkait layanan Balikpapan - IKN, pelanggan dapat menghubungi email ask@csdamri.co.id, Call Center Halo DAMRI 1500 825, atau mengunjungi media sosial DAMRI pada akun Instagram, Twitter, Facebook di @DamriIndonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.