Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Hadirkan Rute Balikpapan-IKN, Tarifnya Rp 43.000

Kompas.com - 04/11/2022, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara saat ini memang masih dalam tahap pembangunan. Tapi DAMRI sebagai penyedia layanan transportasi di dalam negeri sudah menyiapkan trayek bus menuju IKN dari Balikpapan.

DAMRI bersama Kementerian Perhubungan turut mendukung kelancaran pembangunan IKN dengan menyediakan trayek bus Balikpapan-IKN. Sebanyak 15 unit bus dikerahkan untuk mengisi rute tersebut dan sudah beroperasi sejak 1 November 2022.

Corporate Secretary Perum DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, dalam satu bus bisa diisi sampai 25 penumpang. Trayek akan melalui Pelabuhan Semayang-Bandar Udara SAMS Sepinggan-Terminal Batu Ampar-Jalan Tol KM 13-IKN Nusantara.

Baca juga: DAMRI Tambah Rute Tanjung Karang-Bakauheni, Tarif Rp 55.000

Rute Layanan bus DAMRI dengan rute Balikpapan-IKN NusantaraDOK. DAMRI Rute Layanan bus DAMRI dengan rute Balikpapan-IKN Nusantara

“Pembukaan rute Balikpapan-IKN ini sebagai penghubung antara wilayah pendukung, yaitu Balikpapan, ke kawasan IKN,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Jumat (4/11/2022).

Jadwal operasional bus dari Pelabuhan Semayang pukul 07.00 WIB-18.15 WIB, dari Bandar Udara SAMS Sepinggan pukul 08.10 WIB - 17.05 WIB, dari Terminal Batu Ampar pukul 08.10 WIB - 17.05 WIB, dan dari IKN Nusantara pukul 10.30 WIB - 18.00 WIB.

Armada akan berangkat setiap 1 jam sekali dengan tarif sebesar Rp 43.000 untuk semua rute. DAMRI memastikan pemesanan tiket bisa dilakukan di halte pemberhentian Pelabuhan Semayang, Bandar Udara SAMS Sepinggan, dan Terminal Batu Ampar.

Baca juga: Motor Listrik Polytron, Sekali Cas Diklaim Bisa Tempuh 130 Km


Nantinya, tiket DAMRI dengan rute Balikpapan-IKN bisa dipesan lewat DAMRI Apps dan Online Travel Agent. Harapannya, layanan DAMRI ini bisa memudahkan masyarakat melakukan mobilisasi dan mempercepat pembangunan wilayah IKN.

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui Informasi selengkapnya terkait layanan Balikpapan - IKN, pelanggan dapat menghubungi email ask@csdamri.co.id, Call Center Halo DAMRI 1500 825, atau mengunjungi media sosial DAMRI pada akun Instagram, Twitter, Facebook di @DamriIndonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com