Kompas.com - 04/11/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro kembali mengeluarkan dua unit bus milik PO Gunung Harta. Tapi berbeda dengan yang tingkat, unit kali ini dikelir merah, bukan hijau.

Untuk dua unit yang rilis kali ini, memakai sasis Hino RM 280 ABS, jadi sudah memakai suspensi udara model wide. Oleh karena itu, sasis ini pas dipasang ke bodi bus dengan dimensi yang tinggi, seperti Jetbus 3+ SHD.

Tapi untuk bus yang kali ini rilis, PO Gunung Harta menamai bodinya dengan SD-V 3++. Hal ini serupa dengan yang terpasang pada bodi bus barunya PO SAN yang lebih dahulu keluar.

Baca juga: Bandung dan Surabaya Jadi Pilot Project Layanan BTS Bus Listrik

Kabin bus AKAP PO Gunung HartaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Gunung Harta

"SD-V 3++ itu singkatan dari Super High Deck Voyager, singkatan baru lagi. Jadi sama dengan yang PO SAN," ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Untuk bodinya, sebenarnya sama dengan Jetbus SHD pada umumnya, punya tinggi 3,85 meter dan panjang 12 meter. Selain itu, sasis Hino RM 280 ABS sangat cocok digunakan karena bagasinya yang bisa dibuat tembus.

Baca juga: Dari Main Golf, Cerita Awal Mula Kartel Harga Honda dan Yamaha


Jadi selain bodi bus yang tinggi, bagasi dari dua unit bus baru PO Gunung Harta ini juga lega. Tapi untuk bodi SD-V 3++ ini belum menggunakan bando model baru yang lebih tipis.

Beralih ke bagian kabin, bangku memakai model leg rest dan disusun 2-2. Tampak di bagian samping bangku sudah dilengkapi dengan arm rest, sehingga semakin nyaman.

"Ada dispenser di depan, sekat smoking, dan toilet," ucap Yohan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.