Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Anggota AISI, Penjualan Motor Listrik Sudah 28.000 Unit

Kompas.com - 03/11/2022, 12:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia kini tengah mengalami perkembangan positif. Ini terlihat dari semakin banyaknya merek otomotif yang meluncurkan dan memperkenalkan produk terkait.

Maka tidak mengherankan, saat ini hampir semua pameran otomotif nasional terdapat kendaraan elektrifikasi yang ramah lingkungan. Seiring dengan itu, daya beli masyarakat terhadapnya pun bertumbuh perlahan.

Sebagai contoh pada pasar roda dua, sebagaimana dikatakan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman, sedikitnya sudah ada 28.000 unit motor listrik yang diserap masyarakat.

Baca juga: Ion Mobility dan PLN Kolaborasi Bangun SPLU

Test ride motor listrik dan motor konvensional di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022Kompas.com/Donny Test ride motor listrik dan motor konvensional di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022

"Menurut data yang kami terima dari Kementerian Perindustrian, sudah ada sekitar 28.000 unit yang terjual selama Januari sampai September 2022," kata dia di sela-sela pergelaran IMOS 22, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022).

Pencapaian tersebut cukup tinggi dan memuaskan, mengingat para anggota AISI seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS belum meramaikannya. Namun, jika dibandingkan penjualan motor nasional, masih jauh.

Adapun faktor yang jadi penghambatnya ialah ketersediaan infrastruktur dan harga jual yang masih tinggi. Bahkan, dibandingkan motor konvensional, tidak jauh berbeda.

Baca juga: AHM Butuh Investasi untuk Produksi Lokal Motor Listrik

Ilustrasi motor listrik Yamaha E01Dok. YIMM Ilustrasi motor listrik Yamaha E01

"Tapi, setelah masalah itu teratasi, pertumbuhannya akan semakin tinggi," ucap dia.

Dalam upaya mengatasi masalah terkait, Loman menyebutkan, anggotanya akan mulai meramaikan pasar elektrifikasi pada tahun depan. Dengan demikian, saat ini belum ada target penjualan yang ditetapkan.

"Motor listrik kalau di anggota AISI kan baru start. Kami belum menargetkan penjualan karena motor listrik ini perlu pengenalan lebih baik ke konsumen ya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com