Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai pihak terus berupaya untuk mempercepat elektrifikasi kendaraan melalui pengembangan ekosistem infrastruktur kendaraan listrik.

Yang paling terbaru adalah kerjasama ION Mobility dan PLN dalam Pembangunan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Jakarta, Rabu (2/11).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan jika pihaknya optimistis kerjasama ini bisa mempercepat transisi energi di Indonesia lewat penggunaan kendaraan bermotor listrik. Alhasil target net zero emission di 2060 bisa tercapai.

Baca juga: Terbukti Kartel Honda dan Yamaha Akhirnya Bayar Denda

“Hari ini adalah hari yang penting dan bersejarah. Karena pada hari ini, kita menandatangani MoU pengembangan infrastruktur Motor Listrik dengan ION. Ini adalah langkah pertama. Setelah ini kita gabungkan kekuatan PLN dan ION untuk memastikan motor listrik ada di setiap sudut jalanan di Indonesia,” kata Darmawan yang dikutip dari laman kemenperin.go.id, Kamis (3/11/2022).


Untuk tahap awal, SPLU ini akan dibangun sebanyak 100 unit. Hanya saja 100 unit SPLU ini baru akan dibuat untuk wilayah DKI Jakarta terlebih dahulu. Jika sudah rampung, kota lain akan menyusul.

CEO ION Mobility James Chan mengatakan jika pihaknya akan segera melakukan inovasi teknologi pengisian daya cepat. Tujuannya agar para pengguna sepeda motor EV bisa mencapai jarak berkendara hingga 100 kilometer dengan durasi pengisian daya selama 15 menit saja.

“Kami yakin infrastruktur energi yang ideal mendorong transisi penuh ke motor EV di Indonesia,” kata James.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan jika kerjasama ini menjadi salah satu upaya peningkatan infrastruktur pengisian listrik dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak takut pakai kendaraan listrik.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng menyaksikan Founder dan CEO ION Mobility, James Chan (kanan) dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) melakukan MoU Solusi dan Servis Pengisian Motor Listrik di Jakarta, Rabu (2/11/2022).   Dokumentasi Kementerian Perindustrian Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng menyaksikan Founder dan CEO ION Mobility, James Chan (kanan) dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) melakukan MoU Solusi dan Servis Pengisian Motor Listrik di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada ION Mobility dan PT PLN, semoga kerja sama pembangunan SPLU ini dapat membangun ekosistem EV menjadi lebih baik, dan membuat masyarakat tidak takut lagi untuk beralih ke kendaraan listrik,” kata Agus pada sela-sela acara Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/11/2022).

Baca juga: KTM Kasih DP Murah Selama IMOS 2022

Agus juga menyebutkan jika pemerintah membuka seluas-luasnya kontribusi industri dalam mempercepat program kendaraan berbasis listrik.

Bukan hanya pada sektor produksi, tetapi perusahaan juga dapat berkontribusi untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang ada di Indonesia seperti yang dilakukan oleh PLN dan ION Mobility.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.