Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subaru Indonesia Menolak Jualan Mobil 7-Penumpang

Kompas.com - 28/10/2022, 11:22 WIB

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Subaru Indonesia memastikan tidak akan menghadirkan produk kendaraan dengan kapasitas 7-penumpang ke pasar dalam negeri seperti perusahaan otomotif kebanyakan.

Sebab, hal itu tidak sesuai dengan filosofi maupun strategi perseroan untuk menciptakan kesenangan berkendara yang berbeda. Meski memang patut diakui, pasar kendaraan tersebut sangatlah besar di Tanah Air.

"Alasannya, karena mobil adventure sejati tidak pernah ada yang 7-seater. Mobil adventure symmetrical all-wheel drive (S-AWD) harus 5-penumpang karena wheelbase-nya harus pendek," jelas Chief Operating Officer (COO) Subaru Indonesia Arie Christopher saat ditemui, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: Subaru Kembangkan Teknologi Otonom Tanpa Koneksi Data

Ilustrasi Subaru IndonesiaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ilustrasi Subaru Indonesia

"Sehingga, pengendara bisa merasakan kesenangan berkendara bersama S-AWD secara optimal dan tidak ditemukan di produk atau merek lain. Jika wheelbase panjang, nanti repot karena nyangkut-nyangkut," lanjut dia.

Lagipula, kata Arie, produk Subaru di Jepang sebagai pemasok utama untuk pasar Indonesia, tidak ada yang 7-penumpang. Artinya, kemungkinan agar hadir mobil 7-penumpang di Indonesia sangatlah kecil bahkan nyaris tidak mungkin.

Meski begitu, pihak perseroan mengaku tak khawatir karena para konsumen Subaru merupakan pengendara yang memang suka nyetir. Berbeda dengan merek mobil lain sekalipun dari Eropa.

"Subaru ingin menciptakan mobil real symmetrical all wheel drive yang bisa dipakai untuk menggembirakan pada kondisi-kondisi medan semi offroad atau adventure. Ini yang kita jaga," ucap Arie.

Baca juga: Punya Banyak Kesamaan, Ini Perbedaan Subaru Forester dan XV

Ilustrasi Subaru XVKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ilustrasi Subaru XV

Diketahui, sejak kembali masuk pasar dalam negeri pada pertengahan 2022 di bawah bendera PT Plaza Auto Mega (Plaza Subaru), produsen otomotif mewah asal Jepang tersebut memang memiliki strategi pasar yang unik.

Sebagai contoh, semua mobil didatangkan langsung dari Jepang, walaupun pabrik perakitan Subaru sudah ada di Malaysia dan Thailand.

Sampai saat ini, tercatat ada tiga model yang sudah dihadirkan dan dijual, yaitu Subaru Forester, Subaru BRZ, dan Subaru XV. Ketiganya punya suatu karakteristik berbeda, yaitu mobil petualang, sporty, serta perkotaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.