Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Singkat Proses Pengecatan Mobil di Industri Otomotif

Kompas.com - 27/10/2022, 11:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pengecatan atau pewarnaan mobil di dunia otomotif terus mengalami perubahan, seiring dengan perkembangan zaman. Jika awalnya proses pengaplikasian cat mobil dilakukan oleh tenaga manusia, saat ini sudah turut dibantu robot.

Pengecatan mobil sendiri merupakan bagian dari keunikan mobil; untuk menambah estetika kendaraan dan juga melindungi material atau bahan dasar eksterior mobil agar tidak rusak atau mengalami karat.

Baca juga: Tren Cat Mobil di Dunia Otomotif, Warna Akromatik Masih Jadi Favorit

Instruktur Pengacatan Daihatsu Technical Training Center Supardi menjelaskan, saat ini ada berbagai pilihan warna cat mobil. Cat mobil ini membuat tampilan kendaraan lebih indah, sehingga memiliki nilai yang tinggi.

Pengaplikasian warna kendaraan merupakan satu hal yang sudah lama dilakukan sejak mobil ditemukan. Jika dilihat dari tahun pertama kalinya mobil diciptakan, maka pengaplikasian cat mobil sudah ada sejak tahun 1880an.

"Sekarang untuk kita ketahui, terkait perkembangan otomotif dan juga cat, bahwa tahun 1880an, itu telah ditemukan discovery terkait mobil. Saat itu, bahan bakunya yaitu dari kayu. Cat pun, metode pengaplikasiannya menggunakan tangan dengan kuas," ucap Supardi saat acara workshop Basic Painting PT Astra Daihatsu Motor, Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Ilustrasi pengecatan mobil di pabrik. Instruktur tengah memberi contoh proses pengecatan mobil pada acara workshop Basic Painting yang diadakan oleh PT Astra Daihatsu Motor.KOMPAS.com/Serafina Ophelia Ilustrasi pengecatan mobil di pabrik. Instruktur tengah memberi contoh proses pengecatan mobil pada acara workshop Basic Painting yang diadakan oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Jika bicara terkait mobil-mobil keluaran Daihatsu, lanjut Supardi, tahun 1960an mobil sudah mulai diproduksi. Saat itu, metode pengaplikasian cat mobilnya sudah menggunakan spray gun.

"Saat itu, metode pengaplikasiannya sudah menggunakan spray gun. Tapi tetap manual. Seiring perkembangan zaman, otomatis teknologi bertambah baik," ucap Supardi.

Baca juga: Jalan Tol Pertama yang Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia

Pada tahun 1980an, pengaplikasian cat mobil sudah dilakukan dengan teknologi semi-robotic.

"Yaitu perpaduan atau kombinasi antara tangan atau manusia dengan mesin. Otomatis dibanding sebelum-sebelumnya, akan lebih maksimal hasilnya. Baik kerataan, kualitas, maupun tampilan," ucap dia.

Sedangkan pada era tahun 2000 hingga 2010, sampai dengan saat ini, Supardi mengatakan bahwa pabrikan kebanyakkan sudah menggunakan full robotic. Berbeda dengan semi-robotic, dengan teknologi full robotic maka pengaplikasian dilakukan seluruhnya oleh tenaga robot.

"Itu adalah perkembangan metode aplikasi (cat mobil) untuk mobil Daihatsu, dan secara umum pengecatan (mobil) di dunia," ucap Supardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com