Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Paint Protection Film yang Bagus, Cek Bengkelnya

Kompas.com - 27/10/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Paint Protection Film atau PPF merupakan lapisan pelindung pada bodi kendaraan. Fungsinya adalah menjaga cat mobil tetap berkilau dan bisa melindungi bodi dari goresan halus.

Awalnya, lapisan seperti stiker ini merupakan aksesoris tambahan yang menyasar pada pemilik mobil premium atau sport. Tapi, seiring perkembangan pasar dan teknologi ada juga PPF yang menyasar kelas menengah, termasuk mobil keluarga.

Lalu bagaimana memilih PPF yang ideal bagi mobil kita?

Baca juga: Jangan Asal, PPF Tidak Bisa Menempel di Semua Bodi Mobil

Paint Protection Film (PPF) V-KoolPaint Protection Film (PPF) V-Kool Paint Protection Film (PPF) V-Kool

Jonathan Susanto, GM V-Kool PPF, menjelaskan, beberapa tips untuk memilih PPF yang bagus. Mengingat saat ini sudah semakin banyak merek PPF dengan harga dan servis yang beragam.

"Minimal cari produk (PPF) yang ada garansi pabrik selain garansi toko, bukan garansi toko saja. Karena nanti kalau tokonya hilang, mau cari ke mana?," ucap Jonathan kepada Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Jonathan mengatakan, PPF sekarang bisa ditemui di toko online dengan harga sangat murah dan menawarkan jasa home service. Tapi tawaran seperti ini yang perlu diperhatikan, jangan sampai terlena karena harga yang murah.

Baca juga: Jalan Tol Pertama yang Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia


"Kalau bisa cari PPF yang memang prinsipal-nya ada di Indonesia. Cari brand yang sudah settle di Indonesia," ucapnya.

Memasang PPF memang ada risikonya dan biayanya tidak murah. Oleh karena itu, lebih baik mencari yang terbaik bukan terbuai dengan harga miring, jadi bodi mobil memang terlindungi dengan baik.

Kemudian, periksa bengkel atau workshop lokasi dimana pemasangan dilakukan. Pengerjaan yang profesional bisa terlihat dengan mudah oleh calon pelanggan sebelum memastikan mau pasang PPF.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.