Kompas.com - 27/10/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fuso eCanter sudah resmi diperkenalkan di Eropa. Truk listrik light duty tersebut tersedia dalam enam pilihan wheelbase dengan tiga opsi baterai yang punya daya tempuh sampai 200 Km.

Sedangkan di Indonesia, eCanter juga sudah dipamerkan di berbagai pameran. Bahkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sedang melakukan Proof of Concept (PoC) di Denpasar dan sekarang masih berlangsung di Jakarta.

Kalau melihat eCanter yang diperkenalkan secara global, mungkin saja ada spesifikasi yang cocok untuk pasar Indonesia. Tapi kapan waktunya eCanter akan dijual di tanah air?

Baca juga: Setelah Denpasar, Mitsubishi Fuso eCanter Diuji Coba di Jakarta

Kolaborasi PT KTB dan B-Log dalam Proof of Concept Mitsubishi Fuso eCanterDOK. KTB Kolaborasi PT KTB dan B-Log dalam Proof of Concept Mitsubishi Fuso eCanter

Duljatmono, Sales & Marketing Director of PT KTB menjelaskan, eCanter tidak akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat.

"Tidak tahun ini dan tahun depan juga belum tentu. Tahun depan juga proses PoC masih jalan, yang jelas eCanter tidak dijual dalam waktu dekat," ucap Duljatmono kepada Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Selain itu, Duljatmono mengatakan. kalau bukan cuma produk saja yang harus disiapkan, tapi juga pembicaraan dengan pemerintah. Mengingat infrastruktur kendaraan listrik niaga harus dipikirkan.

Baca juga: Baterai Ioniq 5 Bermasalah, Hyundai Sebut Itulah Kecanggihannya


"Kita perlu bicara lagi dengan pemerintah. Satu fasilitas pendukung (infrastruktur), kedua apa ada program pendukung (insentif) dari pemerintah, mungkin dari sisi pricing (harga) karena masih cukup mahal," ucap Duljatmono.

Sebenarnya, menghadirkan kendaraan listrik untuk niaga jika dibandingkan dengan kendaraan penumpang berbeda jauh. Pemerintah tampak belum menyiapkan infrastruktur untuk truk listrik atau kendaraan niaga lain.

"Masalahnya infrastruktur pendukungnya belum kelihatan, kalau passenger kan beberapa tempat sudah ada, kalau ini belum (niaga)," kata Duljatmono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.