Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Luncurkan 10 Unit Kendaraan ETLE Mobile

Kompas.com - 26/10/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menyiapkan 10 kendaraan dengan kamera tilang elektronik atau ETLE (electronic traffic law enforcement).

Mulai beroperasinya kendaraan dengan kamera elektronik ini menjadi salah satu langkah awal peniadaan tilang manual di jalan raya.

Baca juga: Penerapan ETLE Mobile, Drone, dan Android Akselerasi Tilang Elektronik

Nantinya, 10 unit kendaraan ETLE tersebut akan mengawasi ruas jalan di seluruh wilayah DKI Jakarta untuk merekam pelanggar.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman memaparkan bahwa saat ini, 10 unit untuk sementara sudah cukup mengawasi ruas jalan di seluruh Jakarta. Secara bertahap, ETLE statis maupun portabel akan ditambah untuk memperluas wilayah pengawasan.

"Ke depan akan ditambah lagi untuk lebih memaksimalkan pengawasan," ucap dia seperti dikutip dari NTMC Polri, Rabu (26/10/2022).

Ilustrasi ETLE Mobiledok.PoldaMetroJaya Ilustrasi ETLE Mobile

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan jajarannya untuk tidak melakukan penindakan tilang secara manual. Ini tertuang di dalam surat telegram nomor ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, tanggal 18 Oktober 2022.

Pada pelanggar, petugas kepolisian akan mengambil langkah-langkah edukasi, seperti teguran, memberikan arahan, kemudian melepas pelanggar.

Baca juga: Ini Jalan Tol Atas Air Terpanjang di Indonesia, Kelima Terpanjang di Dunia

Penindakan tilang akan sepenuhnya digantinkan oleh tilang elektronik atau ETLE, yaitu ETLE statis yang berada di titik-titik tertentu serta ETLE mobile yang pergerakannya mengikuti wilayah tugas personel kepolisian.

Pelanggaran yang masih dapat ditindak secara manual, misalnya adalah kecelakaan lalu lintas di mana pihak kepolisian harus melakukan penegakan hukum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.