Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerapan ETLE Mobile, Drone, dan Android Akselerasi Tilang Elektronik

Kompas.com - 24/10/2022, 18:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepolisian bakal meniadakan cara-cara konvensional dalam penegakan hukum di bidang lalu lintas, dan akan mengedepankan sistem ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Cara ini dianggap lebih efektif dan dapat menghindari penyalahgunaan wewenang oknum petugas berkaitan dengan pungli.

“Dengan adanya Kebijakan ini saya kira sebagai momentum untuk mengakselerasi dan mengembangkan sistem ETLE dengan model yang lain,” ujar Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, dalam keterangan tertulis (24/10/2022).

Baca juga: Ini 28 Akses Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

 Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat 167 pengemudi sepeda motor terekam kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) pada hari pertama, Jumat (1/2).Dok Ditlantas Polda Metro Jaya via ANTARA Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat 167 pengemudi sepeda motor terekam kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) pada hari pertama, Jumat (1/2).

Seperti diketahui, selama ini yang sudah berjalan dalam sistem ETLE adalah yang bersifat statis, termasuk juga mobile. Bahkan sudah ada yang mengembangkan dengan sistem Drone Camera dan menggunakan Hp Android.

“Dengan pengembangan tersebut saya kira masih bisa dibenarkan dari aspek hukumnya yang penting alat tersebut dapat menghasilkan gambar yang valid disertai sistem pengawasan yang kuat,” ucap Budiyanto.

Menurut Budiyanto, sistem ETLE dengan pemasangan CCTV statis per titik simpang memerlukan beberapa kamera dan anggaran cukup tinggi.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022, Bagnaia Teratas, Quartararo Tempel Ketat

Oleh sebab itu, pengembangan tilang elektronik penting dilakukan menggunakan cara-cara yang lebih dinamis untuk untuk mengakselerasi pengembangan sistem ETLE.

Sebagai informasi, ETLE sudah diberlakukan hampir seluruh Polda di wilayah Indonesia bahkan untuk Metro Jaya sudah sejak tahun 2018.

Di Polda Metro Jaya misalnya, update terakhir sudah diberlakukan di 57 titik tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: 33.000 Unit Vario 125 Sudah Terjual di Jakarta-Tangerang

Polda Jateng akan memanfaatkan drone untuk pantai lalulintasKOMPAS.COM/istimewa Polda Jateng akan memanfaatkan drone untuk pantai lalulintas

“Dengan adanya kebijakan akan mengefektifkan ETLE perlu kita berikan apresiasi, namun yang menjadi problem tersendiri bahwa jumlah CCTV yang terkoneksi dengan ETLE relatif masih terbatas,” kata Budiyanto.

“Bila dibandingkan dengan panjang jalan di Indonesia, bagaimana dengan ruas penggal jalan yang belum terpasang CCTV ETLE namun jumlah pelanggaran yang relatif masih cukup tinggi,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.