Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Berharap Ekspor Mobil Tetap Tumbuh di Tengah Ancaman Resesi

Kompas.com - 20/10/2022, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi ekspor mobil utuh (completly built-up) dari Toyota Indonesia tahun ini tembus 160.000 unit pada periode Januari-Juli 2022.

Capaian ini berhasil melampaui volume ekspor prapandemi Covid-19 atau 2019. Sampai akhir tahun, Toyota mengaku optimis bisa mencapai target ekspor 260.000 unit. Kondisi ini dipacu kuatnya penerimaan model andalan ekspor Toyota dan produk baru, seperti Fortuner dan Veloz.

Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengungkapkan, target ekspor Toyota saat ini melesat 60 persen. Ia pun berharap, ekspor Toyota ke sejumlah negara akan tetap tumbuh di tengah gunjingan situasi ekonomi global yang akan mengalami resesi.

Baca juga: Jajal Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro Jakarta-Bandung

“Ekonomi tahun depan getting worse, padahal secara original kita proyeksikan akan meningkat. Mudah-mudahan saja ekspornya bisa tetap kuat,” ucap Bob Azam, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022).

Ilustrasi ekspor mobil Toyotadok.TMMIN Ilustrasi ekspor mobil Toyota

“Pertimbangan kita kan sudah 2 tahun ekspor tertahan karena Covid-19 dan ekonomi belum pulih. Kita harapkan akan ada koreksi, menjadi pulih. Tapi ada koreksi lagi, karena ekonomi akan melemah. Kita berharap bisa mempertahankan volume dengan baik, harapannya ada pertumbuhan walaupun tidak terlalu kuat,” lanjutnya.

Sebelumnya, Bob mengatakan, meski di tengah gangguan ekonomi akibat gangguan rantai pasok hingga ancaman inflasi, pasar tujuan ekspor Toyota tetap menunjukan perubahan.

Baca juga: BMW Siapkan Rp 26 Triliun untuk Produksi Enam Mobil Listrik Baru

“Negara-negara tujuan ekspor kita juga pertumbuhan ekonominya itu cukup baik seperti Timur Tengah. Wilayah Asia Tenggara pun begitu, recovery-nya bagus dengan laju pertumbuhan 5-7 persen,” katanya.

Selain itu, negara ekspor Toyota Indonesia kian bertambah. Dari sebelumnya mencapai 80 negara tujuan, kini jumlah pasar meningkat hingga lebih dari 100 negara, seperti Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com