Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Unit Toyota bZ4X buat KTT G20 Sudah Sampai di Indonesia

Kompas.com - 19/10/2022, 14:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa seluruh kendaraan listrik yang akan menjadi official car partner gelaran G20 di Nusa Dua, Bali sudah sampai di Indonesia.

Kendaraan tersebut mencangkup 41 unit Toyota bZ4X dan 102 unit Lexus UX300e yang dibawa langsung secara utuh dari Jepang.

"Semuanya sudah datang dan ini langsung kita serahkan untuk kemudian dibawa ke Bali," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Toyota Serahkan 143 Mobil Listrik buat KTT G20 di Bali

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh TAM kepada kantor Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg). Selain dihadiri Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, acara ini juga dihadiri Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji.

Usai digunakan pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, ratusan mobil listrik murni tersebut tak akan dikembalikan ke Jepang.

Toyota bZ4XKompas.com/Ruly Toyota bZ4X

"Kami sangat mengapresiasi kepercayaan pemerintah pada produk Toyota yang dipilih sebagai kendaraan resmi KTT G20. Tidak hanya mendukung kelancaran mobilitas peserta konferensi, kehadiran Toyota BZ4X dan Lexus UX 300e diharapkan menjadi simbol komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon menuju era Carbon Neutrality pada 2060 mendatang," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto.

Sebagai informasi, bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi BEV pertama Toyota yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan 2022 ini.

Penggunaannya di KTT G20 ini setelah adanya permintaan kuat dari pemerintah Indonesia, serta pengaturan ulang global supply bersama prinsipal Toyota Motor Corporation.

Baca juga: PO Efisiensi Tambah Bus Baru, Kini Pakai Bodi SHD dan Sasis Hino

Sementara Lexus UX 300e merupakan kendaraan elektrifikasi dengan teknologi Battery EV premium jenis subcompact SUV yang pertama kali dipasarkan pada tahun 2020 lalu.

Sebagai sebuah brand premium, kehadiran model Lexus di Bali juga akan didukung dengan fasilitas e-LCMS (Electric Lexus Mobile Concierge Service) untuk lebih memberikan kenyamanan dan kelancaran mobilitas peserta KTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com