Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Unit Toyota bZ4X buat KTT G20 Sudah Sampai di Indonesia

Kompas.com - 19/10/2022, 14:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa seluruh kendaraan listrik yang akan menjadi official car partner gelaran G20 di Nusa Dua, Bali sudah sampai di Indonesia.

Kendaraan tersebut mencangkup 41 unit Toyota bZ4X dan 102 unit Lexus UX300e yang dibawa langsung secara utuh dari Jepang.

"Semuanya sudah datang dan ini langsung kita serahkan untuk kemudian dibawa ke Bali," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Toyota Serahkan 143 Mobil Listrik buat KTT G20 di Bali

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh TAM kepada kantor Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg). Selain dihadiri Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, acara ini juga dihadiri Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji.

Usai digunakan pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, ratusan mobil listrik murni tersebut tak akan dikembalikan ke Jepang.

Toyota bZ4XKompas.com/Ruly Toyota bZ4X

"Kami sangat mengapresiasi kepercayaan pemerintah pada produk Toyota yang dipilih sebagai kendaraan resmi KTT G20. Tidak hanya mendukung kelancaran mobilitas peserta konferensi, kehadiran Toyota BZ4X dan Lexus UX 300e diharapkan menjadi simbol komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon menuju era Carbon Neutrality pada 2060 mendatang," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto.

Sebagai informasi, bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi BEV pertama Toyota yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan 2022 ini.

Penggunaannya di KTT G20 ini setelah adanya permintaan kuat dari pemerintah Indonesia, serta pengaturan ulang global supply bersama prinsipal Toyota Motor Corporation.

Baca juga: PO Efisiensi Tambah Bus Baru, Kini Pakai Bodi SHD dan Sasis Hino

Sementara Lexus UX 300e merupakan kendaraan elektrifikasi dengan teknologi Battery EV premium jenis subcompact SUV yang pertama kali dipasarkan pada tahun 2020 lalu.

Sebagai sebuah brand premium, kehadiran model Lexus di Bali juga akan didukung dengan fasilitas e-LCMS (Electric Lexus Mobile Concierge Service) untuk lebih memberikan kenyamanan dan kelancaran mobilitas peserta KTT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.