Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Efisiensi Tambah Bus Baru, Kini Pakai Bodi SHD dan Sasis Hino

Kompas.com - 19/10/2022, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Efisiensi sebelumnya mengeluarkan lima bus baru dari Karoseri Adiputro, tepatnya di bulan September. Tidak berselang lama, satu unit bus kembali diambil PO Efisiensi untuk menambah armadanya.

Untuk bus yang keluar di September, memakai bodi Jetbus 3+ MHD dan sasis Kino R260. Sedangkan sekarang, bodi yang dikeluarkan adalah model SHD yang lebih tinggi dengan sasis Hino RM 280 Euro 4.

Unit milik PO Efisiensi ini menggunakan livery baru yang cukup sederhana namun dengan kombinasi warna yang mencolok. Warna kuning jadi dasarnya dengan livery kombinasi hijau dan toska membuat bus tampil menarik.

Baca juga: Bus DAMRI Rute Lampung-Bandung, Harga Tiket Mulai Rp 300.000-an

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk kabin diisi dengan bangku yang disusun 2-2 dan toilet di bagian tengah.

"Toilet tengah dengan bangku 2-2 sebanyak 26," ucap Yohan kepada Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Kemudian, unit milik PO Efisiensi ini menjadi bus kedua yang memakai sasis Hino RM dengan bodi Jetbus SHD setelah Subur Jaya. Memang, sasis baru dari Hino ini bisa jadi pilihan bagi operator yang mau menggunakan bodi SHD.

Baca juga: Motor Listrik Bisa Hemat Biaya sampai Rp 1,5 Juta Per Tahun


Keunggulan dari sasis Hino RM adalah model suspensi udara yang lebar, sehingga bisa menopang bodi tinggi. Selain itu, bagasinya yang tembus membuat ruang penyimpanan semakin lega.

Tetapi, PO Efisiensi memilih model pintu tengah dan toiletnya ada di dekat pintu. Efeknya, ruang bagasi sedikit lebih kecil karena ada ruangan yang seharusnya kososng, tapi jadi tangga dan toilet.

"Yang kiri bagasinya cuma satu (pintu) tapi tetap tembus enggak masalah dan space masih lebar," ucap Yohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com