Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung G20, Polda Bali Gunakan Ratusan Unit Kendaraan Listrik

Kompas.com - 19/10/2022, 11:29 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Bali akan menggunakan 200 unit motor listrik dan satu unit mobil listrik untuk mendukung gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, November 2022.

Bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67, Smoot Elektrik, SWAP Energi, dan Grab Indonesia  menandatangani kesepakatan dan serah terima kendaraan listrik. Kegiatan dilanjutkan dengan safety riding bersama anggota korps lalu lintas Polda Bali serta perwakilan mitra pengemudi GrabElectric.

Baca juga: Korlantas Polri Pakai BMW 330e M Sport PHEV untuk Kawal KTT G20

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi dukungan armada kendaraan listrik dari Smoot Elektrik, SWAP Energi, dan Grab Indonesia, khususnya di periode persiapan KTT G20

"Penggunaan kendaraan listrik sendiri telah menjadi salah satu upaya untuk dapat membantu menciptakan Bali Energi Bersih, mendukung fokus transisi energi dari Presidensi G20 Indonesia dan mempercepat target Pemerintah Republik Indonesia dalam menurunkan emisi karbon," ucapnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Grab, Smoot, SWAP, & Polda BaliDok. Smoot Elektrik Grab, Smoot, SWAP, & Polda Bali

Baca juga: Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia, Pakai 9.000 Tiang Pancang

Sementara itu, Co-Founder & CEO Smoot Elektrik dan SWAP Energi Irwan Tjahaja mengatakan bahwa Smoot dan SWAP menyambut baik kolaborasi nyata antara Grab dengan Polda Bali dalam menciptakan Bali Energi Bersih.

Harapannya, ekosistem dari SWAP Energi dan Smoot bisa memberikan kontribusi positif terhadap pengurangan emisi karbon di Provinsi Bali.

Grab, Smoot, SWAP, & Polda BaliDok. Smoot Elektrik Grab, Smoot, SWAP, & Polda Bali

"Hal ini juga menjadi wujud nyata komitmen kami dalam mendukung rencana percepatan pelaksanaan penggunaan kendaraan listrik dengan mendorong transisi energi dari sumber fosil ke energi baru dan terbarukan," ucap dia.

Sebagai informasi, unit kendaraan listrik roda dua yang dipinjamkan adalah seri Tempur dari Smoot Elektrik. Baterai SWAP-nya berkapasitas 1.500 watt, dengan jarak tempuh mencapai 60 km. Proses tukar baterai bisa dilakukan kapanpun secara gratis.

Grab, Smoot, SWAP, & Polda BaliDok. Smoot Elektrik Grab, Smoot, SWAP, & Polda Bali

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Punya Fitur Fast Charging, 1 Jam Penuh

Polda Bali akan menggunakan unit kendaraan listrik tersebut sebagai kendaraan operasional bagi para anggotanya dalam pengamanan dan pengawalan KTT G20.

Selain itu, SWAP Energi juga memberikan dukungan berupa ketersediaan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang tersebar di lebih dari 100 titik di Bali melalui jaringan Circle K. Layanan ini akan terus bertambah, hingga dapat melayani seluruh Provinsi Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com