Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Ada Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Jakarta Pusat

Kompas.com - 15/10/2022, 15:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan di kawasan Jakarta Pusat akan ditutup atau dialihkan dalam rangka acara "Terima Kasih Jakarta" di Jalanan Gedung Balaikota, Jalan Merdeka Selatan, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022).

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari laman @dishubdkijakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Dishub DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas. Untuk diketahui, acara tersebut berlangsung mulai pukul 05.00 WIB-11.00 WIB.

Baca juga: Ekspor Mobil dari Indonesia Mulai Tumbuh di September 2022

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas dilapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," tulis keterangan tersebut, dikutip Sabtu (15/10/2022).

Akan ada pengalihan arus lalu lintas juga; dengan tetap menyesuaikan pengaturan lalu lintas Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang berlaku.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Berikut ini adalah ruas-ruas jalan yang akan ditutup pada jam tertentu:

  • Jalan Merdeka Selatan Sisi Selatan, pukul 05.00 WIB-11.00 WIB
  • Jalan Merdeka Selatan Sisi Utara, pukul 07.30 WIB-11.00 WIB
  • Penutupan Jalan Budi Kemuliaan dilakukan secara situasional. Namun, masyarakat masih tetap dapat melintasi Jalan Budi Kemuliaan maupun Jalan Medan Merdeka Barat.

Rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) memasuki hari kedua pada Selasa (5/7/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) memasuki hari kedua pada Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Komparasi 5 MPV Murah Terlaris

Sementara itu, skema pengalihan arus lalu lintas yang akan diterapkan yaitu dari arah Timur (Tugu Tani) menuju arah Barat (Tanah Abang). Yang semula menggunakan Jalan Merdeka Sisi Selatan, maka harus melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka Barat, atau melalui Jalan Abdul Muis.

Selanjutnya, dari arah Barat (Tanah Abang menuju Tugu Tani Timur) melalui Jalan Kebon Sirih, tetap menyesuaikan pengaturan lalu lintas HBKB.

Di samping itu, Dishub DKI Jakarta juga akan menyediakan area parkir yang tersebar di sejumlah titik tertentu. Berikut ini adalah titik lokasi area parkir tersebut:

  • IRTI Monas
  • Silang Monas Barat Daya (Patung Kuda)
  • Silang Monas Tenggara (Stasiun Gambir)
  • Parkir on street di Jalan Agus Salim (Sabang)
  • Gedung Indosat

Bagi masyarakat yang menghadiri acara ini, disarankan untuk menggunakan Bus Transjakarta yang akan berhenti di Halte Bank Indonesia, Halte Monas, Halte DPRD DKI Jakarta, Halte Stasiun Gambir, dan Halte Telkom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com