Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 10/10/2022, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini mobil-mobil dengan bodi besar dilengkapi dengan mesin diesel. Hal itu membuat mesin diesel terkesan lebih bertenaga daripada mesin bensin.

Bahkan banyak mobil-mobil SUV dibekali mesin diesel, hal itu semakin memperkuat anggapan bahwa mesin diesel lebih bertenaga.

Lantas, apakah benar mesin diesel lebih bertenaga?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Diesel Lebih Tangguh Menerjang Banjir?

Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova DieselKompasOtomotif Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova Diesel

Bekas mekanik Nissan Jambi Agus Priyobodo mengatakan, anggapan tersebut perlu diluruskan kembali, karena besarnya tenaga pada setiap mobil tidak hanya dipengaruhi dengan jenis mesin diesel atau bensin saja.

“Jika melihat fenomena mobil-mobil saat ini, biasaya mobil dengan tenaga yang besar dibekali mesin diesel, tapi tenaga mesin tersebut ditentukan oleh beberapa elemen sistem sehingga tenaga yang dihasilkan memang besar,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Dia mengatakan jika dibandingkan dengan kapasitas mesin yang sama serta teknologi yang sama, mesin diesel sebenarnya tidak begitu bertenaga.

Baca juga: Apakah Benar Mobil Diesel Modern Masih Bisa Masuk Angin?

Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8LTAM Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8L

 

“Dengan perbandingan kapasitas mesin yang sama, teknologinya juga sama, maka perbedaan mesin diesel dan mesin bensin ada pada di torsi dan kecepatan, mesin diesel memiliki torsi yang lebih besar, tapi soal kecepatan menang mesin bensin,” ucap Agus.

Dia mengatakan hal itu dipengaruhi oleh konstruksi dasar mesin, di mana mesin diesel membutuhkan kompresi yang lebih tinggi sehingga langkah piston dibuat lebih panjang.

“Berhubung langkah piston lebih panjang, maka karakter mesin diesel lebih unggul dalam menghasilkan torsi, sehingga membuat mesin diesel terkesan lebih bertenaga pada putaran rendah,” ucap Agus.

Baca juga: Imbas Kenaikan BBM, Mobil Diesel Bekas Sepi Peminat

Mesin Diesel Kia SeltosKompas.com/ApridaMegaNanda Mesin Diesel Kia Seltos

Dia mengatakan jika ingin mengetahui besaran tenaganya, maka langkah yang paling tepat adalah dengan melakukan dyno test.

“Jika ingin mengetahui tenaga mesin, maka sebaiknya melakukan dyno test, itu pun biasanya mencari perbandingannya susah karena mobil-mobil diesel dilengkapi dengan teknologi yang lebih maju seperti turbocharger dan sebagainya,” ucap Agus.

Dia mengatakan dengan fenomena tersebut ada benarnya jika akhir-akhir ini mobil diesel dianggap lebih bertenaga, karena faktanya mesin diesel disematkan pada mobil-mobil besar.

Baca juga: Sering Akselerasi Bikin EGR Mobil Diesel Lebih Awet?

Kia melepas dua varian baru, Seltos Diesel dan Seltos GT Line ke pasar domestik Indonesia dari ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/Donny Dwisatryo Priyantoro Kia melepas dua varian baru, Seltos Diesel dan Seltos GT Line ke pasar domestik Indonesia dari ajang GIIAS 2021.

Sebut saja teknologi turbocharger, itu akan membuat mesin menjadi lebih bertenaga, lebih irit bahan bakar serta menang torsi karena dibekali mesin diesel dengan kapasitas mesin yang sama.

Jadi, membandingkan mesin diesel dan mesin bensin hanya dengan patokan teori dasar tidak akan relevan dengan kondisi mobil-mobil saat ini yang sudah dilengkapi dengan teknologi yang lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com