Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carangsali Bali Ditetapkan sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara

Kompas.com - 10/10/2022, 12:05 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk, (Adira Finance) bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) meresmikan landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari dan Festival Pasar Rakyat di Pasar Adat Desa Carangsari – Bali sebagai destinasi ke-3 rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022, Sabtu (8/10/2022).

Untuk diketahui, Festival Kreatif Lokal 2022 adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Asta Finance untuk Indonesia, di bawah pilar Sahabat Lokal yang berfokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia. Ini merupakan tahun ketiga festival tersebut bekerjasama dengan Kemenparekraf RI.

Carangsari dipilih sebagai salah satu Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah memenuhi sejumlah kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur, seperti jalanan beraaspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, serta bengkel otomotif.

Baca juga: Ini 10 Bengkel Rujukan Pemerintah untuk Konversi Motor Listrik

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua menjelaskan bahwa adaptasi, kolaborasi, dan inovasi, menjadi aspek penting dalam pengembangan desa wisata, serta menjadi langkah strategis untuk mengangkat potensi sektor parekrat desa wisata secara luas.

"Dengan adanya kolaborasi ini kami harap menjadi bentuk adaptasi serta upaya pemulihan perekonomian sektor pariwisata pasca pandemi," ucap Indra dikutip keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Peresmian Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari, Bali, oleh Adira Finance dan Kemenparekraf RIDok. Adira Finance Peresmian Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari, Bali, oleh Adira Finance dan Kemenparekraf RI

Sementara itu, Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Sulila mengatakan bahwa Adira Finance ingin membantu pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya pada segmen UMKM. Maka dari itu, pihaknya menjalin kerjasama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI, untuk melaksanakan rangkaian Festival Kreatif Lokal.

"Hal ini sejalan dengan visi perusahaan untuk Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ucap Dewa.

Nantinya, ada jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara, yang merupakan kegiatan yang mengajak komunitas motor untuk melakukan touring atau berkendara ke desa wisata.

Baca juga: Ini Ruas Tol Termahal di Indonesia

Tujuannya adalah untuk membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata. Sehingga sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan, bisa tumbuh berkembang menjadi salah satu destinasi liburan wisata lokal, khususnya pengguna kendaraan bermotor.

Penyelenggaraan festival ini turut didukung berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta, seperti Kemenparekraf RI, Zurich Asuransi Indonesia (Zurich), MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.

"Terima kasih kepada segenap pengelola desa wisata, Kemenparekraf RI, Zurich, MUFG, Bank Danamon dan mitra pendukung kami lainnya atas kolaborasi dan peran aktifnya dalam penyelenggaraan rangkaian Festival Kreatif Lokal. Saya berharap program ini dapat memberikan manfaat tidak terbatas hanya meningkatkan minat wisatawan lokal untuk berkunjung, namun juga memberdayakan ekosistem desa wisata setempat," ucap Dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com