Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netralkan Gigi Saat Turunan Bikin Truk Lebih Boros BBM

Kompas.com - 10/10/2022, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara mengemudi sopir merupakan salah satu kondisi yang memengaruhi konsumsi bahan bakar truk. Sebab konsumsi bahan bakar pada akhirnya berpengaruh pada biaya operasional.

Thomas Aquino Wijanarka, Instruktur Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), mengatakan, karena itu Isuzu tetap gencar menekankan eco driving buat sopir truk karena masih sering hal salah dilakukan.

Baca juga: Meski Bertarung di Trek, Pecco Masih Menghormati Quartararo

Anggota Satlantas Polres Bogor melakukan olah tempat kejadian perkara dalam kecelakaan beruntun di Turunan Selarong Puncak Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022).Dok. Polres Bogor Anggota Satlantas Polres Bogor melakukan olah tempat kejadian perkara dalam kecelakaan beruntun di Turunan Selarong Puncak Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022).

Salah satu kesalahan yang dianggap umum ialah menetralkan gigi saat turunan dengan anggapan dapat menghemat solar. Padahal hal itu salah dan justru membuat konsumsi BBM lebih boros.

"Ini yang salah diterapkan oleh sopir, ketika turunan merek memilih (gigi) dinetralkan, ketika dinetralkan penyemprotan bahan bakar itu sama seperti kondisi idling, masih nyemprot jadi ketika dinetralkan justru makin boros," kata Thomas di Bekasi, Jawa Barat pekan lalu.

"Dan juga lebih berbahaya karena pengereman hanya mengandalkan rem kaki," ungkap Thomas dalam acara "media driving experience" menggunakan Isuzu Traga.

Baca juga: Masih Ada Operasi Zebra 2022, Catat Lagi Target Pelanggaran Polisi

Sisi belakang camper van Isuzu Elf NLR 55B Euro 4.Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Sisi belakang camper van Isuzu Elf NLR 55B Euro 4.

Thomas mengatakan, cara terbaik melewati turunan ialah dengan mengandalkan engine brake atau pengereman mesin. Caranya pakai gigi rendah dan lepas gas.

"Ketika kita lakukan engine brake konsumsi bahan bakar nol karena tidak ada bahan bakar yang disemprotkan, terutama apabila kita Euro4," kata Thomas.

"Kalau konvensional kemungkinan masih ada penyemprotan, tapi begitu kita sebutnya common rail adalah mesin Euro4 ada ECM maka ketika melakukan engine brake konsumsi BBM nol," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com