Kompas.com - 07/10/2022, 17:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan, beberapa ruas jalan di Indonesia terendam banjir. Hal itu membuat pengendara mobil was-was bila terjebak banjir.

Seperti yang diketahui, banjir bisa menyebabkan beberapa komponen pada mobil mengalami kerusakan.

Tapi, siapa sangka aki yang posisinya ada di atas mesin juga bisa mengalami kerusakan meski tidak terendam.

Baca juga: Cara Memastikan Mesin Mobil Kemasukan Air atau Tidak Setelah Terendam Banjir

Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over TebetDicky Aditya Wijaya Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over Tebet

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan bila aki tersebut terendam sudah jelas bisa rusak terutama aki basah, namun bila tidak terendam juga rusak bila terjadi korsleting.

“Jika aki tersebut terendam pasti akan rusak apalagi yang tipe aki basah, jika tidak, tapi aki masih tersambung dengan rangkaian listrik di suatu mobil, maka bisa saja rusak karena jika terjadi korsleting larinya ke aki,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

Dia mengatakan rusaknya aki tidak akan menyebabkan meledak, tapi justru kehabisan daya dalam waktu singkat.

Baca juga: Setelah Mobil Terendam Banjir, Jangan Langsung Nyalakan Mesin

Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat hujan deras, Jumat (9/9/2022) sore. Genangan terjadi di sekitar depan Patria Park.DOK. ISTIMEWA Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat hujan deras, Jumat (9/9/2022) sore. Genangan terjadi di sekitar depan Patria Park.

“Biasanya akinya drop, kalau meledak sih kemungkinannya sangat kecil, jika memang ada korsleting akinya memang akan benar-benar rusak, tidak bisa diperbaiki lagi,” ucap Wawan.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno, dia mengatakan ada dua kondisi aki rusak gara-gara banjir yaitu akinya terendam atau tidak.

“Ada 2 kemungkinan aki rusak karena banjir, pertama rusak karena kehabisan voltase, bisa terjadi jika saat banjir terminal aki tidak dicabut, yang mengakibatkan korsleting, arus keluar terus menerus, sehingga daya aki habis,” ucap Supra kepada Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

Baca juga: Efek Buruk Paksa Mobil Matik Terabas Banjir

Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).Dok. BPBD Kabupaten Malang Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).

Dia mengatakan sebaiknya terminal aki segera dilepas bila mobil terendam banjir, karena ketika mobil basah rangkaian listrik berpotensi mengalami korsleting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.