Kompas.com - 07/10/2022, 10:02 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Banjir menjadi pemandangan yang lumrah ketika musim hujan datang. Hal itu membuat was-was pengguna jalan, khususnya pengendara mobil.

Sebab, tidak seharusnya mobil menerjang banjir, hal itu bisa membuat mobil mengalami kerusakan baik itu pada sektor mesin maupun interior mobil.

Banyaknya titik yang rawan terendam banjir memaksa pengendara mobil harus jeli memilih rute. Bahkan, meksi sudah memilih kadang tetap saja banjir di jalan tidak bisa dihindari. Maka dari itu sebaiknya pengendara mengetahui batas aman menerjang banjir.

Baca juga: Nekat Terobos Banjir, Ingat Bahaya Water Hammer

 

Petugas Polda Metro Jaya melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas imbas genangan air sekitar 40 cm di Tol JORR mengarah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022). ANTARA/Instagram/@TMCPoldaMetroJaya Petugas Polda Metro Jaya melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas imbas genangan air sekitar 40 cm di Tol JORR mengarah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022). ANTARA/Instagram/@TMCPoldaMetroJaya

Mekanik Kia Depok Fendi Pamungkas mengatakan, ada batas aman untuk mobil menerjang banjir, meski akan lebih aman jika tidak menerjang banjir.

“Jika terpaksa menerjang banjir, perhatikan kedalam banjir ketika mobil di depannya melintas. Jika kedalamannya sudah setengah roda atau lebih itu sangat berisiko, kalau masih di bawah setengah roda peluang aman masih cukup tinggi,” ucap Fendi kepada Kompas.com,
Selasa (4/10/2022).

Fendi mengatakan, batas di bawah setengah roda diharapkan air belum sampai masuk ke dalam kabin, sehingga kerusakan komponen elektrik tidak terjadi.

Baca juga: Seberapa Tinggi Genangan Air yang Aman Dilewati Mobil?

Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat hujan deras, Jumat (9/9/2022) sore. Genangan terjadi di sekitar depan Patria Park.DOK. ISTIMEWA Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat hujan deras, Jumat (9/9/2022) sore. Genangan terjadi di sekitar depan Patria Park.

“Harapannya bila kedalaman banjir itu masih di bawah setengah roda, air tidak masuk ke dalam kabin, jika air masuk maka karpet dan beberapa komponen elektrik seperti modul airbag, kabel-kabel, sound system jika ada akan basah,” ucap Fendi.

Dia mengatakan setiap komponen elektrikal yang terkena air akan cenderung mengalami kerusakan, padahal komponen-komponen tersebut harganya tidak murah.

“Komponen elektrik yang basah cenderung akan mengalami kerusakan, jadi pengendara sebaiknya benar-benar memperhatikan batas kedalaman banjir sebelum melewatinya,” ucap Fendi.

Baca juga: Video Viral Mobil Listrik Tesla Terendam Banjir di Jakarta

Warga melintasi banjir yang mengenang kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022) malam. Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta siang menyebabkan Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, terendam banjir.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Warga melintasi banjir yang mengenang kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022) malam. Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta siang menyebabkan Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, terendam banjir.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Foreman Aha Motor Spesialis NIssan & Datsun Aji Dwi Nugroho. Dia mengatakan batas mobil boleh menerjang banjir adalah di bawah setengah roda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.