Ketika Penumpang Transjakarta Turun di Tol dan Pilih Jalan Kaki karena Macet

Kompas.com - 07/10/2022, 12:44 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa titik di Jakarta mengalami kemacetan setelah diguyur hujan deras pada Kamis (6/10/2022). Sejumlah kawasan bahkan tergenang banjir hingga tidak bisa dilewati oleh pengguna kendaraan bermotor.

Tak hanya di jalan raya, jalan bebas hambatan (Jalan Tol) juga terdampak kemacetan parah imbas dari hujan deras.

Seperti salah satu momen yang dibagikan oleh akun Tiktok bernama momjess. Dalam rekaman itu, memperlihatkan tayangan sejumlah penumpang yang sedang berada di dalam bus TransJakarta.

Berdasarkan keterangan video tersebut, dijelaskan bahwa pengunggah terjebak macet di Tol Jagorawi (Exit Tol Cibubur) lebih kurang selama 2 jam.

Baca juga: Video Viral, Usai Hujan Jalan Berlubang Pengendara Motor Berjatuhan

Akibat kemacetan yang parah, perekam video dan penumpang lainnya pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

For the first time jalan kaki di tol gara-gara bener-bener stuck dua jam buat keluar exit tol,” ucap wanita yang merekam video tersebut.

@momjesss 06/10/2022 Stuck di Toll Jagorawi (Exit toll cibubur) selama -/+ 2Jam???? #Transjakarta #Jagorawi #Cibubur ? original sound - lia akmalia

Ketika dikonfirmasi tim redaksi Kompas.com, wanita yang bernama Lia itu menceritakan kronologi ia dan penumpang lainnya terjebak macet di Tol Jagorawi hingga memutuskan untuk berjalan kaki.

“Jam 18:46 masih di toll (dekat exit tol) saya menunggu sampai jam 20.00 bus pun tidak ada pergerakan, kondisi benar-benar stuck. Akhirnya ada salah satu penumpang yang speak up untuk turun saja jalan kaki. Akhirnya supir menelpon rekan kerja pusatnya untuk minta izin di bukakan pintu yang kondisinya masih di jalan tol,” ucap Lia kepada Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

Baca juga: Simak, Begini Cara Bayar Denda ETLE Mobile

“Jam 20:30 kami semua serentak turun untuk jalan kaki, posisinya sekitar 100 meter dari pintu toll exit Cibubur. Benar-benar macet tidak gerak,” lanjutnya.

Selain itu, kemacetan di Exit Tol Cibubur pada Kamis (6/10/2022) juga disebabkan adanya penutupan akses Gerbang Tol (GT) Jatikarya. Sehingga, polisi mengalihkan arus kendaraan untuk keluar tol di Gerbang Tol Cibubur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.