Video Viral, Usai Hujan Jalan Berlubang Pengendara Motor Berjatuhan

Kompas.com - 07/10/2022, 07:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang terjadi pada Kamis (6/10/2022), membuat beberapa ruas jalan yang rusak makin tambah rusak. Saah satunya di ruas jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Jalan rusak merupakan momok buat pengendara sepeda motor. Lubang di tengah jalan dapat membuat kecelakaan. Pengendara motor yang menghajar lubang rawan oleng dan jatuh.

Video pengendara motor yang terjatuh karena jalan rusak di Jl Gatot Subroto viral di media sosial, diunggah akun Jakarta.Terkini di Instagram. Terlihat pengendara motor baru jatuh dari motor karena lubang besar di tengah jalan.

Baca juga: Nekat Terobos Banjir, Ingat Bahaya Water Hammer

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta (@jakarta_zone)

 

Harus dimengerti bahwa bertemu lubang di jalan apalagi lubang baru setelah hujan deras merupakan kondisi yang sulit buat pemotor. Meski demikian ada cara agar bisa menghindari lubang di jalan.

Training Director & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, ada dua cara ketika menghadapi lubang di jalan yaitu preventif dan antisipatif.

“Preventif yaitu dengan melihat apa ada opsi untuk menghindari lubang tersebut, jika tidak bisa menghindar, maka antisipasi dengan melewati lubang itu secara perlahan,” kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cek Harga Motor Naked 250cc, Oktober 2022

Lokasi kejadian pemotor tewas akibat jalan bergelombang di Jalan Haji Darip arah Duren Sawit, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (4/7/2022). Lokasi kejadian pemotor tewas akibat jalan bergelombang di Jalan Haji Darip arah Duren Sawit, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (4/7/2022).

Karena itu penting pandangan mata menatap luas ke depan atau diistilahkan eye level agar bisa mengantisipasi saat melihat lubang. Namun sebelum melakukan manuver menghindari lubang cek kaca spion dan melihat ke arah belakang.

"Karena bahaya lain yang mengintai adalah pengguna jalan lain yang ada di belakang," ungkap Jusri.

Lantas bagaimana jika kondisi lumayan kencang dan tak ada waktu untuk menghindar?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika melihat lubang usahakan jangan melakukan pengereman mendadak atau pindah jalur.

Salah satu titik jalan berlubang di Jalan Veteran, Kota Malang, Jawa Timur depan mal Malang Town Square pada Jumat (11/3/2022) sekitar pukul 12.45.KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Salah satu titik jalan berlubang di Jalan Veteran, Kota Malang, Jawa Timur depan mal Malang Town Square pada Jumat (11/3/2022) sekitar pukul 12.45.

Baca juga: Video Viral Mobil Listrik Tesla Terendam Banjir di Jakarta

“Jadi, jika melihat lubang dan kondisi di jalan sedang ramai maka lebih baik hajar saja ketimbang mengerem atau menghindari lubang. Lubang di jalan biasanya masih bisa dilewati, tidak dalam (seperti offroad), kita terjang saja lubangnya. Itu akan lebih efektif dan lubang dibandingkan menghindari lubang,” katanya.

Namun, Agus menjelaskan, ketika melewati jalan yang berlubang ada tekniknya tersendiri, supaya motor yang dikendarai tetap terjaga keseimbangannya.

“Posisi pengendara harus menaikan sedikit bokong dan mempertegak pundak. Sama seperti teknik yang digunakan motorcross,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.