Menerjang Genangan Air Bisa Bikin Kopling Mobil Rusak

Kompas.com - 05/10/2022, 11:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Debit hujan semakin intens di Indonesia, seiring masuk musim penghujan. Alhasil, semakin sering jumpa genangan air di jalan.

Situasi ini kerap membuat pengguna mobil was-was, karena bila genangan tersebut cukup dalam bisa membuat air masuk ke bagian-bagian mobil.

Seperti kaki-kaki pasti akan basah oleh air, begitu juga mesin dan transmisi cukup rawan kemasukan air.

Nampaknya, air yang masuk ke komponen mobil tidak boleh disepelekan karena dapat merusak. Sebut saja seperti kopling pada mobil manual, itu rawan sekali mengalami rusak karena air.

Baca juga: Tips Menghadapi Genangan Air Saat Mengemudikan Mobil

Banjir melanda perumahan di Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan pada Selasa (4/10/2022) sore. Saat ini genangan air sudah surut, sekitar pukul 17.00 WIB ketinggian air maksimal 25 cm.KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Banjir melanda perumahan di Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan pada Selasa (4/10/2022) sore. Saat ini genangan air sudah surut, sekitar pukul 17.00 WIB ketinggian air maksimal 25 cm.

Foreman Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Aji Dwi Nugroho mengatakan, begitu mobil menerjang genangan sebaiknya untuk tidak melakukan parkir secara langsung dalam kondisi kopling masih basah.

“Kalau habis menerjang genangan air, usahakan selalu ingat untuk tidak memarkir mobil langsung, dalam artian membiarkan kondisi kampas kopling dalam kondisi basah jika itu mobil manual, itu bisa membuat kampas kopling rusak,” ucap Aji kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Dia mengatakan genangan air bisa dengan mudah masuk ke rumah kopling, karena rumah kopling memiliki ventilasi di bagian bawah dan itu menjadi lubang yang mudah kemasukan air.

Baca juga: Kolong Tol Meruya Sempat Tergenang Air 10 Cm, Sudin SDA: Genangan Tak sampai 15 Menit

Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).Dok. BPBD Kabupaten Malang Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).

“Rumah kopling pasti basah jika mobil menerjang genangan cukup dalam, hal itu bisa terjadi karena ada celah ventilasi antara rumah kopling dan mesin, sehingga kampas kopling akan basah,” ucap Aji.

Dia menjelaskan jika kampas kopling basah, maka sesuai dengan karakter bahan kampas kopling maka setelah dia kembali kering bisa lengket dengan logam yang menempel.

“Jika mobil langsung parkir setelah menerjang banjir maka kampas kopling akan lengket begitu dia sudah kering, biasanya sadar-sadar di hari berikutnya ketika hendak memakai mobil, tuas transmisi menjadi susah masuk gigi,” ucap Aji.

Baca juga: Antisipasi Genangan pada Musim Hujan, Pemkot Surabaya Bangun 55 Crossing Saluran Air

Hujan deras memunculkan genangan air di Jalan Pegangsaan Barat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).Dok. Sudin SDA Jakarta Pusat Hujan deras memunculkan genangan air di Jalan Pegangsaan Barat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.