Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi Defogger pada Mobil

Kompas.com - 30/03/2022, 09:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menghindari kaca yang berembun karena perubahan suhu di kabin dan di luar, penguna mobil bisa menggunakan fitur defogger.

Salah satu bentuk defogger di mobil, misalnya garis-garis di bagian kaca belakang mobil. Walaupun terlihat seperti dekorasi, ternyata berfungsi untuk membantu menghilangkan embun pada kaca mobil.

Baca juga: Benarkah Headrest Bisa Pecahkan Kaca Mobil Dalam Keadaan Darurat?

Garis-garis pada bagian belakang kaca mobil bekerja dengan cara mengalirkan panas. Panas tersebut akan menghilangkan embun yang sudah terbentuk di kaca mobil.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, sistem ini berguna untuk memanaskan kaca belakang yang kondisinya berembun.

Elemen pemanas ini bekerja dengan cara menempel pada kaca mobil. Mobil yang tidak memiliki garis-garis tersebut di kaca belakangnya tidak memiliki defogger.

“Kalau enggak ada garisnya, artinya tidak ada defogger. Cara kerjanya adalah elemen pemanas yang menempel pasa kaca, dapat difungsikan dengan menekan switch defoggernya,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

Ilustrasi kaca mobil.knowhow.napaonline.con Ilustrasi kaca mobil.

“Ada tidaknya tergantung dari spesifikasi atau grade dari tiap modelnya,” ujar Didi.

Cara menggunakannya juga mudah, yaitu dengan menekan tombol switch defogger di area kabin depan mobil.

Pemilik kendaraan bisa menggunakan defogger saat suhu di dalam kabin mobil lebih hangat daripada suhu di luar kabin mobil.

Baca juga: Update Kasus Penipuan Diler Honda MT Haryono, Pelaku Kambuhan

Jika sudah selesai digunakan, pemilik mobil baiknya mematikan defogger agar tidak mengganggu visibilitas saat berkendara.

Kemudian, untuk mengantisipasi embun, bisa juga dengan menyalakan AC saat berkendara di tengah hujan, agar suhu di dalam kabin tidak berbeda jauh dengan suhu di luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com