Toyota Bilang Cukup Empat GR Model Tanpa Ada Tambahan Lagi

Kompas.com - 05/10/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota beberapa kali mengeluarkan suatu model dengan versi Gazoo Racing (GR). Namun, belum lama ini dikabarkan Toyota tidak berniat akan menambahkan lagi pilihannya.

Pada beberapa model Toyota meluncurkan beberapa model andalan dengan status racing, yakni GR. Ada GR Supra, GR86, GR Yaris, dan GR Corolla.

Jadi, Toyota menggunakan basis mobil yang sudah ada, lalu mendapat sentuhan khusus di beberapa bagian, tapi lebih berfokus pada performa.

Baca juga: Obat Ganteng Toyota GR 86 dan Subaru BRZ dari Blitz, Mulai Rp 50 Juta

Toyota mengaku sudah cukup dengan keempat model GR tersebut. Pabrikan asal Jepang ini belum memiliki rencana lagi untuk menambah jajaran GR.

Toyota GR YarisKompas Otomotif Toyota GR Yaris

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Teknisi Toyota GR86 Yasunori Suezawa. Dia mengatakan, tidak ada lagi mobil performa tinggi yang akan diperkenalkan di masa depan.

"Tidak ada lagi, jadi ini (GR86) adalah yang terakhir," ujar Suezawa, dikutip dari Carbuzz.com, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Mau Ada Toyota GR Yaris yang Lebih Bertenaga

Sebab, belum lama ini juga ada rumors bahwa Toyota akan membangkitkan MR2, sedan berperforma tinggi. Namun, rencana tersebut belum terlihat pergerakannya atau mungkin masih sangat rahasia.

Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.KOMPAS.com/Dio Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.

"Untuk GR, pada dasarnya ini adalah yang terakhir. Tapi, kami punya GR Sport (sub-brand) yang akan kami perluas dengan model-model lainnya, seperti Corolla, Yaris Cross, dan C-HR," kata Suezawa.

Pernyataan tersebut ada benarnya juga. Sebab, saat ini Toyota sedang fokus dalam mengembangkan kendaraan elektrik dan mesin bertenaga hidrogen.

Toyota Recall GR SupraTAM Toyota Recall GR Supra

Mengembangkan untuk mobil para pehobi mungkin saja terlalu menghabiskan banyak waktu dan uang. Sehingga, tidak sesuai dengan target perusahaan untuk mengurangi jumlah emisi di dunia.

Sehingga, muncul juga rumors bahwa Toyota akan menghadirkan mobil listrik berperforma tinggi. Dikabarkan bahwa Toyota sedangkan mengembangkan mobil sport elektrik dengan bantuan Mazda, yang berada di bawah bendera GR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.