Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Perlu Angkat Wiper Saat Parkir Mobil?

Kompas.com - 14/02/2022, 12:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper merupakan salah satu bagian pada mobil yang memiliki komponen bermaterial karet. Bukan rahasia umum lagi kalau biasanya karet akan mudah mengeras jika terpapar sinar matahari secara langsung.

Oleh sebab itu, tidak jarang ditemukan pemilik mobil masih memiliki kebiasaan mengangkat wiper saat memarkirkan mobilnya. Hal ini dilakukan dengan asumsi membuat komponen karet lebih awet dan tidak mudah getas.

Namun ternyata hal tersebut tidak perlu dilakukan. Dengan kata lain, biarkan wiper tetap pada tempatnya saat mobil diparkirkan. Namun tetap ada catatan tertentu yang wajib diperhatikan.

Baca juga: Mobil Matik Berhenti di Lampu Merah Pakai Gigi D, Bikin Boros BBM?

Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia Maria Kayla Augusta menuturkan, wiper tidak perlu diangkat saat mobil diparkir dengan catatan karet wiper yang terpasang sudah berkualitas.

Ia menjelaskan, umumnya karet wiper yang beredar di pasaran sudah disesuaikan dengan iklim di Indonesia agar tidak mudah mengeras atau getas.

“Tidak perlu khawatir karet jadi getas atau lengket karena meleleh ke kaca depan mobil. Jadi tidak perlu lagi diangkat-angkat,” kata Kayla dalam agenda diskusi virtual, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Deretan mobil baru selesai diservis yang diparkir dengan posisi wiper diangkat. Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru selesai diservis yang diparkir dengan posisi wiper diangkat.

Selain itu, mengangkat wiper memiliki risiko tersendiri. Misalnya apabila wiper tersenggol, maka akan langsung jatuh membentur kaca. Hal ini berpotensi merusak per wiper dan kaca depan mobil.

Selain itu, Kayla juga mengatakan bahwa per wiper arm yang terus-menerus menegang karena dalam posisi terangkat bisa membuat komponen tersebut mudah rusak.

Meski begitu, tetap upayakan untuk memarkir mobil di lokasi indoor, bukan di lahan terbuka demi usia pakai wiper yang lama. Tidak lupa pilih karet wiper dengan kualitas yang baik. Segera ganti karet tersebut jika dirasa sudah mulai mengeras demi efektifitas kerja wiper menyapu permukaan kaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com