Rawan Celaka, Hati-hati Berkendara di Jalan Tol Saat Hujan

Kompas.com - 04/10/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan memiliki risiko tersendiri. Terutama di jalan tol, mobil umumnya melaju dalam kecepatan cukup tinggi.

Jalan tol juga dibagi menjadi beberapa lajur, biasanya dua atau tiga lajur. Lajur paling kiri untuk kendaraan dengan kecepatan lambat, lajur berikutnya untuk berjalan sesuai dengan batas kecepatan, sedangkan lajur kanan digunakan untuk mendahului.

Baca juga: Awas Ketilang, Ingat Lagi Batas Kecepatan Berkendara di Tol

Perlu diingat, pengemudi sebaiknya tidak terus menerus berada di lajur kanan yang dipakai hanya untuk mendahului. Berkendara dalam kecepatan tinggi di lajur tersebut dapat membuat pengemudi susah mengantisipasi bahaya yang mungkin terjadi di depannya.

Misalnya, saat akan ada kendaraan yang berpindah lajur, atau berhenti secara tiba-tiba. Kecepatan yang tinggi membuat pengemudi tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengurangi kecepatan ataupun menghindar.

Terlebih jika berkendara di jalan tol saat keadaan jalan basah atau saat musim hujan. Dalam hal ini, pengemudi harus lebih hati-hati lagi. Mengingat ada banyak bahaya yang mengintai; mulai dari jalan yang lebih licin hingga tingkat visibilitas yang menurun, terutama jika hujan deras.

Seperti kecelakaan yang pernah terjadi di awal tahun ini. Sebuah rekaman dashcam dari akun @dashcamindonesia yang diunggah hari ini, Selasa (4/10/2022) menunjukkan pengemudi mobil yang tengah melaju di jalan tol saat hujan turun. Tanpa disangka, ada truk yang oleng di depannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Sayangnya, pengemudi tersebut tidak berhasil mengurangi kecepatan dan menghantam bagian badan truk yang oleng.

Pakar safety sekaligus Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Sumarna menjelaskan, berkendara di jalan tol sendiri sudah memiliki bahaya yang tinggi.

"Berkendara di jalan tol saja bahayanya tinggi, ditambah hujan. Maka semakin besar bahayanya," ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Catat, Daftar Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Target ETLE

Ia menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi mobil yang berkendara di jalan tol saat hujan. Tujuannya adalah untuk sebisa mungkin mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.