Kompas.com - 03/10/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marco Bezzecchi sempat membuat geger dengan meraih pole position pada MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Buriram. Tapi, saat balapan malah merosot jauh ke belakang.

Pebalap Mooney VR46 tersebut berhasil meraih pole position pertamanya di musim pertamanya di kelas utama alias masih berstatus rookie. Tapi, kondisi saat sesi kualifikasi dan saat balapan berbeda jauh.

Balapan diwarnai dengan kondisi basah. Hujan deras mengguyur sirkuit hingga balapan sempat ditunda beberapa saat untuk menunggu situasi sampai kondusif.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Thailand 2022, Bezzecchi Pole Position

Selepas start, Bezzecchi unggul saat masuk tikungan pertama. Tapi, dia melebar karena bersentuhan dengan Jorge Martin yang masuk dari dalam.

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Thailand 2022Dok. @vr46racingteam Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Thailand 2022

"Saya start dengan bersih, tapi Martin datang terlalu dekat sebelum tikungan, itulah mengapa saya melebar," ujar Bezzecchi, dikutip dari Speedweek.com, Senin (3/10/2022).

Bezzecchi mengatakan, insiden tersebut membuatnya melebar hingga keluar trek. Meskipun bisa kembali ke lintasan dan tetap berada di urutan terdepan, pihak Race Direction memberikannya sanksi atas manuver tersebut.

Bezzecchi harus turun satu posisi. Alasannya, menurut Race Direction, Bezzecchi tidak kehilangan banyak waktu di tikungan 1 dan meraih keuntungan.

Baca juga: Marco Bezzecchi Tetap Bela VR46, Ini Daftar Pebalap MotoGP 2023

"Penalti tersebut sangat tidak bisa dimengerti. Martin menyentuh saya saat di trek lurus dan di tikungan. Tapi, saya mendapat hukuman dan dia tidak," kata Bezzecchi.

Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

Setelah turun satu posisi, Bezzecchi berada di belakang Jack Miller cukup lama. Namun, seiring berjalannya balapan, dia tidak bisa bertahan dan terus merosot posisinya. Bezzecchi akhirnya finis di posisi ke-16 dan gagal mendapatkan poin.

"Ketika trek masih sangat basah, saya sangat kencang dan merasa baik. Namun, penalti membuat ritme saya jadi sedikit kacau dan ketika trek mulai mengering, saya merasa lebih buruk," ujarnya.

Bezzechi mengatakan, ban depannya malah lebih sering terkunci hingga dia kehilangan percaya diri dengan motornya.

"Saya tidak ingin terjatuh dan membuang akhir pekan yang bagus ini. Meskipun tanpa penalti, hasilnya tidak akan jauh berbeda," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.