Lawan Ferrari Purosangue, Lamborghini Rilis SUV Urus S

Kompas.com - 03/10/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lamborghini termasuk produsen supercar yang duluan merilis sport utility vehicle (SUV), yakni Urus. Belum lama ini, pabrikan asal Italia tersebut membuat Urus jadi lebih bertenaga.

Beberapa produsen supercar lainnya, seperti Ferrari, sudah melek dengan pasar SUV yang potensial. Maka itu, Ferrari juga meluncurkan Purosangue dengan mesin V12.

Baca juga: Modifikasi Hedon Toyota Kijang Innova, Tampil bak Lamborghini Urus

Untuk melawannya, Lamborghini merilis Urus S dengan tenaga sedikit di bawah Performante, yang merupakan varian tertinggi.

Lamborghini Urus SDok. Autoindustriya.com Lamborghini Urus S

Dikutip dari Autoindustriya.com, Senin (3/10/2022), Urus S dibekali juga dengan mesin V8 4.0 L twin-turbo. Tenaga yang dihasilkan mencapai 666 Tk dan torsi 850 Nm.

Namun, bobotnya tidak seringan Performante. Sehingga, kemampuan akselerasinya lebih lambat dua persepuluh detik dari Performante yang bisa meraih 100 Kilometer per jam (Kpj) dalam 3,3 detik.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Tampil Sporty ala Lamborghini Urus

Kecepatan maksimumnya juga tembus 305 Kpj. Untuk menembus 200 kilometer per jam, hanya butuh 12,5 detik. Jadi, Urus S ini ada di tengah-tengah antara Urus standar dan Performante.

Lamborghini Urus SDok. Autoindustriya.com Lamborghini Urus S

Tidak hanya performanya yang meningkat, Urus S juga ditawarkan dengan beberapa personalisasi, seperti atap dan kap serat karbon, tip knalpot hitam doff atau glossy. Begitu pula dengan bagian bawah bodi dengan finishing hitam doff.

Interiornya dihiasi dengan jok kulit two tone dan trim dua warna. Tapi, tidak ada bagian lainnya yang berubah signifikan.

Lamborghini Urus SDok. Autoindustriya.com Lamborghini Urus S

Sayangnya, di era elektrifikasi ini, belum ada kabar tentang versi hybrid. Meskipun, Lamborghini sudah berkomitmen untuk mengelektrifikasi semua modelnya pada 2024.

Lamborghini akan mulai memasarkan Urus S pada 2023. Sehingga, harganya juga belum diumumkan. Tapi, kisarannya akan ada di angka Rp 3,9 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.