Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Atur Spion Kabin untuk Hilangkan Silau Lampu Mobil Belakang

Kompas.com - 01/10/2022, 17:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Spion tengah mobil memiliki fungsi yang cukup penting. Karena itu, setelannya tak booleh asal agar bagian belakang bisa terlihat jelas. 

Dengan begitu, titik blind spot kendaraan dengan objek lain dapat dikurangi. Hal ini berlaku untuk memantau keamanan di jalan atau ketika parkir. 

Selain itu, kaca spion tengah juga bisa difungsikan untuk menghalau silau dari lampu mobil belakang yang menggunakan high beam ketika berkendara malam hari.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, setelan kaca spion tengah posisinya diatur menyesuaikan postur dan driving position pengemudi. 

"Titik fokus spion terhadap objek kendaraan lain di belakang dicocokan dengan citra lurus yang simetris dan terlihat dari kaca," ucap Jusri kepada Kompas.com, Sabtu (1/10/2022). 

Baca juga: Masih Perlukan Ritual Menginjak Pedal Gas Sebelum Mematikan Mesin?

Untuk mengaktifkan mode malam hari, caranya bisa dengan tuas kecil yang berada di tengah bawah kaca. Silau cahaya lampu di belakang tak akan langsung mengenai mata. 

Kaca spion tengah jadi patokan visual belakangKOMPAS.com Kaca spion tengah jadi patokan visual belakang

Hal tersebut lantaran visual yang ditampilkan di persempit, sehingga yang terlihat adalah sorot lampu yang sudah tereduksi. 

"Kaca spion tak langsung memancarkan cahaya lampu dari mobil belakang. Cahaya sudah tereduksi dan yang terlihat dari dalam kabin tak lagi menyilaukan mata," kata dia. 

Untuk settingan yang tepat, menurut Jusri, pengemudi menyesuaikan dahulu posisi berkendara paling nyaman, patokannya disesuaikan posisi duduk. 

Baca juga: Wanita, Perhatikan Cara Menggunakan Standar Tengah Motor

Berikutnya, pengemudi bisa mulai mengatur spion tengah dengan cara menekannya ke atas, bawah, kanan ataupun kiri.

Input untuk dashcam pada spion tengah Wuling Air ev. Ini merupakan satu fitur baru yang disematkan pada mobil listrik pertama Wuling.KOMPAS.com/Serafina Ophelia Input untuk dashcam pada spion tengah Wuling Air ev. Ini merupakan satu fitur baru yang disematkan pada mobil listrik pertama Wuling.

 

Patokannya, usahakan kepala tidak harus banyak bergerak saat mata melihat spion tengah; visibilitasnya sudah luas tanpa harus banyak bergerak.

"Jarak maju-mundur kursi di atur dulu sebelumnya. Termasuk ketinggian jok supaya nyaman dan rileks. Hal ini kaitannya dengan keamanan dan kenyamanan. Patokannya pengemudi bisa melihat visual belakang kendaraan secara luas agar jarak aman dan risiko berbahaya dari kendaraan lain bisa di cek," tutur Jusri. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com