Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Motor Belok Sembarangan, 5 Kendaraan Tabrak Beruntun

Kompas.com - 01/10/2022, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun terjadi melibatkan pengendara sepeda motor dengan beberapa mobil di jalan Nasional Jogya-Wates km 16, Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Dalm video yang diunggah di akun TikTok Kompas TV Jateng, kecelakaan tersebut terjadi sebab pengendara peremuan yang mengendari motor, tiba-tiba belok menyeberang ke arah kanan.

Karena jarak yang terlalu dekat pengemudi mobil belakangnya tidak mampu menghindar sehingga kecelakaan tak terhindarkan.

Baca juga: Pemerintah Mulai Godok Aturan Limbah Baterai Konversi Kendaraan Listrik

@kompastv_jateng Motor Belok Mendadak, 5 Kendaraan Saling Seruduk #kulonprogo #yogyakarta #tiktok #viral #trending #berandafyp #beritaditiktok #beritatiktok #beritatiktokviral #fyp #beritaviral ? suara asli - KOMPASTV_JATENG

 

Karena kondisi lalu-lintas saat itu tengah ramai empat mobil yang berada di belakang turut terlibat kecelakaan. Total ada lima kendaraan yang terlibat kecelakaan, yakni satu motor dan empat mobil.

Menyikapi kejadian tersebut, penting dipahami para pengendara motor dalam mengambil jalur ketika berkendara di jalan raya. Jangan asal belok atau pindah jalur.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, masih banyak pengendara yang tidak paham akan kondisi lalu lintas dan jalan dengan menyalakan lampu sein dan manuver dalam waktu yang dekat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Busi Memerah Tanda Mesin Mobil Pernah Overheat

Naik motor main HPmotorplus Naik motor main HP

“Aturan yang benar adalah menyalakan sein 25 meter sampai 50 meter, tergantung dengan persimpangan yang terdekat. Sehingga dari jarak yang jauh pengemudi di belakang kita tahu bahwa kita akan berpindah jalur,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Sony juga kembali mengingatkan bagaimana cara berbelok atau berpindah lajur dengan aman.

“Ketika ingin berbelok hal pertama harus dilakukan adalah cek area belakang, aman atau tidak. Bukan hanya melihat dari spion, tetapi juga kepala harus menoleh, untuk memastikan keadaan benar-benar aman. Selanjutnya, baru menyalakan lampu sein,” ucapnya.

Baca juga: New Kawasaki ZX-25R Meluncur, Banyak Fitur Baru

Naik motor di Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Naik motor di Karimunjawa.

Menurut Sony, ketika menyalakan lampu sein untuk berbelok, artinya sedang meminta izin kepada pengendara lainnya. Setelah itu, tunggu terlebih dahulu, diberi jalan atau tidak.

“Kebiasaan orang Indonesia rata-rata melakukan pergerakan terlebih dahulu, kasih lampu sein urusan belakangan,” kata Sony.

Sony mengingatkan ketika manuver sebaiknya dilakukan secara halus dan tetap memperhatikan keadaan sekitar.

“Jika dirasa sudah aman, baru lakukan pergerakan (berbelok atau pindah lajur). Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com