Tantangan Pemerintah Dalam Percepatan Kendaraan Listrik di Indonesia

Kompas.com - 27/09/2022, 19:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah saat ini sedang menggencarkan soal penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk percepatan pelaksanaan program penggunaan atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau yang memiliki slogan KBLBB untuk mencapai zero net emission di Indonesia pada 2060.

Yannes Martinus Pasaribu, pengamat otomotif yang berprofesi sebagai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, untuk mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah juga harus memberikan berbagai dukungan signifikan bagi industri Electric Vehicle (EV) dan komponen dalam negeri.

Baca juga: Tips Agar Transmisi CVT pada Mobil Matik Awet

Permintaan kendaraan bermotor berbasis listrik di dalam negeri saat ini masih rendah seiring dengan harga jual yang sangat tinggi.

Oleh karenanya, pemerintah diharapkan mengkaji beragam insentif untuk industri terkait seperti menggratiskan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) bagi mobil listrik murni (BEV).

Jajaran mobil listrik peserta PEVS 2022 di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, bergulir 22 -30 Juli 2022.KOMPAS.com/AGK Jajaran mobil listrik peserta PEVS 2022 di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, bergulir 22 -30 Juli 2022.

“Pertama pemerintah harus memastikan insentif fiskal yang signifikan bagi seluruh ekosistem EV dalam negeri. Selanjutnya, membuat biaya total kepemilikan EV menjadi rendah, baik itu melalui insentif maupun subsidi dalam pembelian EV,” ujar Martinus saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Selanjutnya, dukungan lain yang bisa dilakukan pemerintah adalah dengan membangun dan meningkatkan jumlah stasiun pengisian EV publik.

Baca juga: Lamborghini Aventador Resmi Pensiun

“Pemerintah juga sebaiknya tidak menaikkan biaya TDL untuk instalasi infrastruktur EV charger pribadi di rumah-rumah. Upaya menaikkan tarif listrik bakal semakin merusak daya beli masyarakat yang baru saja terpukul oleh kenaikan harga BBM,” kata dia.

Terakhir, upaya yang bisa dilakukan pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia adalah dengan menerapkan dan memperluas ketersediaan kredit EV terjangkau yang mencakup berbagai sekma pilihan pembiayaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.